Contoh Soal dan Pembahasan TOEFL Structure and Written Expression - English Clauses

Contoh Soal dan Pembahasan TOEFL Structure and Written Expression



TOEFL Structure and Written Expression

Hari ini, kita akan kembali membahas materi Structure and Written Expression. Tidak seperti artikel yang sebelumnya, artikel ini akan berfokus pada soal-soal TOEFL Structure and Written Expression yang berkaitan dengan klausa. 

Soal yang berkaitan dengan klausa sangat sering muncul di sub-tes Structure and Written Expression. Misal, dari 40 soal yang diujikan, bisa saja 9 di antaranya adalah soal yang berkaitan dengan klausa, atau bahkan lebih. Ini berarti bahwa hampir seperempat soal Structure and Written Expression berkaitan dengan aturan mengenai penggunaan klausa.  

Sobat mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa jenis soal yang berkaitan dengan klausa ini menjadi sangat dominan di sub-tes Structure and Written Expression. Penjelasan paling sederhana bagi pertanyaan ini adalah banyaknya variasi soal yang muncul dari aturan mengenai penggunaan klausa dalam Bahasa Inggris. Misal, klausa sendiri bisa dibagi menjadi klausa bebas dan klausas terikat. Klausa terikat mencakup Noun Clause, Adjective Clause dan Adverbial Clause. Lalu, ada juga aturan tentang Reduced Adjective Clause dan Reduced Adverbial Clause. Penggunaan bentuk klausa yang tereduksi ini berkaitan dengan bentuk kalimat aktif atau pasif yang pada akhirnya juga bisa menjadi variasi soal sendiri. Adverbial Clause memiliki banyak fungsi seperti menjelaskan hubungan sebab-akibat, menjelaskan pertentangan, dan lain sebagainya. Adjective Clause bisa saja menggunakan Relative Pronoun atau Conjunction. Conjunction dalam Adjective Clause harus sesuai dengan Subject (misal, Subject manusia harus menggunakan Conjunction who, whom atau that, bukan which). Belum lagi, penggunaan klausa juga tetap harus sesuai dengan aturan agreement (baik tenses maupun number). Dari uraian di atas saja sebenarnya sudah cukup jelas mengapa banyak sekali soal-soal yang berkaitan dengan klausa di sub-tes Structure and Written Expression. 

Karena jumlahnya yang cukup banyak, soal-soal yang berkaitan dengan klausa ini akan sangat menentukan skor kita nanti. Baik atau buruknya skor kita akan sangat ditentukan oleh pemahaman kita akan penggunaan klausa dalam Bahasa Inggris. Inilah alasan mengapa saya membuat satu artikel sendiri tentang soal-soal yang berkaitan dengan klausa. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita coba kerjakan beberapa soal berikut.


Soal Latihan TOEFL Structure and Written Expression



Soal Nomor 1

Solar eclipse occurs __________ between the earth and the sun and partially or fully blocks the sunlight

(A) when the moon passes 
(B) moon passes
(C) when moon passing
(D) it passes

Soal Nomor 2

Heavy machinery could be dangerous __________

(A) is not handled properly
(B) if not handling properly
(C) it is not handled properly
(D) if not handled properly

Soal Nomor 3

It should always be clear __________ is addressed

(A) whom a cover letter
(B) to whom a cover letter 
(C) whom a cover letter 
(D) to whom a cover letter

Soal Nomor 4

Parents do not always know __________

(A) what best is for their children
(B) it is best for their children
(C) what is best for their children
(D) which is best for their children
 
Soal Nomor 5

Indonesia is a tropical country ___________ near the equator line

(A) is located
(B) it is located
(C) located
(D) which located

Soal Nomor 6

During rush hours, there are a lot of people ____________ to the train station

(A) went
(B) going
(C) is going
(D) they are going

Soal Nomor 7

____________ and not flat has been proven scientifically

(A) That the earth is round
(B) Although the earth is round
(C) The earth is round
(D) Because the earth is round
 
Soal Nomor 8

John Milton is (A) an author which (B) first coined (C) the word pandemonium in 1667 (D)

Soal Nomor 9

We often feel (A) melancholic when listening (B) to a song playing (C) on (D) a violin

Soal Nomor 10

When (A) many of us play music digitally (B), some people are still (C) listening to (D) vinyl

Soal Nomor 11

People can sometimes (A) make a very bad (B) decision because of (C) they are under a lot of (D) pressure

Soal Nomor 12

People are getting bored (A) because they (B) do not know what they do (C) in their (D) free time

Soal Nomor 13

Optimism often becomes (B) the sole (B) reason why can we cope with (C) problems in life (D) 

Soal Nomor 14

When (A) an author is experiencing a writer's block (B) they (C) will do anything to find (D) inspiration

Soal Nomor 15

Hypothermia is a (A) medical emergency that occur (B) because our body (C) is exposed to extreme cold (D)

Soal Nomor 16

When (A) the traffic is very congested, going back (B) from work can be (C) longer than is expected (D)



Pembahasan Soal Latihan TOEFL Structure and Written Expression

Soal Nomor 1

Soal nomor satu adalah contoh soal yang berkaitan dengan Adverbial Clause. Karena klausa terikat mempersyaratkan adanya Conjunction, bisa kita pastikan bahwa opsi (B) dan (D) adalah opsi yang salah. Opsi (C) pada contoh soal tersebut juga kurang tepat karena present participle passing seharusnya digunakan untuk bentuk klausa yang tereduksi. Karena Subject the moon disertakan pada kalimat, tentu klausa seharusnya ditulis secara lengkap. Jawaban paling tepat bagi contoh soal nomor satu adalah opsi (A), di mana Adverbial Clause when the moon passes menjelaskan Verb occurs. Kalimat tersebut secara lengkap ditulis sebagai berikut:



Solar eclipse occurs when the moon passes between the earth and the sun and partially or fully blocks the sunlight (bentuk klausa lengkap) 



atau



Solar eclipse occurs when the moon passes between the earth and the sun and partially or fully blocks the sunlight (bentuk tereduksi) 




Soal Nomor 2

Ini adalah contoh soal yang berkaitan dengan aturan Reduced Adverbial Clause. Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa kalimat dengan klausa utama dan klausa terikat harus memiliki sebuah Conjunction atau Relative Pronoun. Untuk mempermudah pengerjaan soal nomor dua, kita bisa langsung mengeliminasi dua opsi yang pasti salah (opsi A dan opsi C) terlebih dahulu, yaitu opsi yang tidak memiliki Conjunction if. Opsi (B) pada contoh soal nomor dua juga kurang tepat karena present participle handling seharusnya digunakan untuk active voice, sementara contoh kalimat pada soal adalah passive voice. Seharusnya, past participle lah yang digunakan. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat bagi soal nomor dua adalah opsi (D). Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:
 


Heavy machinery could be dangerous if not handled properly ✔ (bentuk tereduksi)


atau


Heavy machinery could be dangerous if it is not handled properly ✔ (bentuk klausa lengkap)



Soal Nomor 3

Soal nomor tiga adalah tipe soal Preposition + WH Clause, salah satu jenis soal yang sering dianggap tricky oleh sebagian besar orang. Karena harus ada Preposition sebelum WH Clause, kita tahu bahwa opsi (A) dan (C) pasti salah. Soal ini juga berkaitan dengan penggunaan Relative Pronoun whom. Perlu kita ingat bahwa whom selalu merujuk pada Object kalimat, sedangkan who selalu merujuk pada Subject kalimat. Karena yang dirujuk pada soal adalah Object kalimat, maka jawaban yang paling tepat bagi contoh soal nomor tiga adalah opsi (D). Kalimat tersebut secara lengkap ditulis sebagai berikut:


It should always be clear to whom a cover letter is addressed 




Soal Nomor 4

Soal nomor empat berkaitan dengan penggunaan Noun Clause sebagai Object kalimat (ingat bahwa selain sebagai Object, Noun Clause juga dapat menempati posisi Subject kalimat). Contoh kalimat pada soal di atas membutuhkan sebuah Direct Object dalam bentuk Noun Clause, sehingga kita tahu bahwa opsi (B) dan (D) pasti salah. Klausa pada opsi (B) adalah sebuah independent clause, sedangkan klausa yang ada pada opsi (D) adalah Adjective Clause. Opsi (A) kurang tepat karena posisi copula is dan Predicative Adjective-nya terbalik. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (C). Kalimat tersebut secara lengkap ditulis sebagai berikut:


Parents do not always know what is best for their children 





Soal Nomor 5

Soal nomor lima berkaitan dengan aturan Reduced Adjective Clause. Karena dependent clause harus memiliki Relative Pronoun atau Conjunction, kita bisa langsung menebak bahwa opsi (A) dan (B) pasti salah. Satu hal yang juga harus kita perhatikan pada kalimat tersebut adalah penggunaan past participle located yang mengindikasikan bahwa kalimat tersebut adalah passive voice. Opsi (D) kurang tepat karena seharusnya ditulis lengkap dengan Auxiliary-nya agar menjadi which is located. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (C). Kalimat tersebut secara lengkap dapat ditulis sebagai berikut:




Indonesia is a tropical country located near the equator line (bentuk tereduksi) 



atau 


Indonesia is a tropical country which is located near the equator line (bentuk klausa lengkap) 




Soal Nomor 6

Contoh soal nomor 6 sebenarnya hampir sama dengan contoh soal nomor 5. Hanya saja, kalimat pada contoh soal nomor 5 ini adalah kalimat aktif sehingga bentuk tereduksinya akan menggunakan present participle. Jika kita perhatikan, baik opsi (A), (C) maupun (D) sama sekali tidak memenuhi kriteria untuk menjadi klausa terikat, baik yang bentuknya lengkap atau pun bentuk klausa yang tereduksi. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal ini adalah opsi (B). Kalimat pada contoh soal tersebut secara lengkap dapat ditulis sebagai berikut:



During rush hours, there are a lot of people going to the train station (bentuk tereduksi)  



atau



During rush hours, there are a lot of people who are going to the train station (bentuk klausa lengkap)  




Soal Nomor 7

Pada contoh soal sebelumnya, kita sudah belajar bagaimana sebuah Noun Clause dapat menempati posisi Object pada kalimat. Contoh soal nomor tujuh berkaitan dengan penggunaan Noun Clause sebagai Subject kalimat. Biasanya, Noun Clause ini memiliki Conjunction that. Karena sebuah Adverbial Clause tidak dapat menempati posisi Subject kalimat, kita tahu bahwa opsi (B) dan (D) pasti salah. Karena opsi (C) tidak memiliki Relative Pronoun maupun Conjunction, maka tidak memenuhi kriteria sebagai Subordinate Clause dan dengan demikian juga salah. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (A), di mana Noun Clause That the earth is round menjadi Subject bagi kalimat. Kalimat tersebut secara lengkap dapat ditulis sebagai berikut:



That the earth is round and not flat has been proven scientifically  




Soal Nomor 8

Soal nomor delapan berkaitan dengan penggunaan Conjunction. Perlu diingat bahwa Conjunction which hanya bisa digunakan untuk benda selain manusia. Karena John Milton adalah manusia, maka kita bisa langsung tahu bahwa opsi (B) kurang tepat. Seharusnya, Conjunction who lah yang digunakan, agar kalimat menjadi seperti berikut:



John Milton is an author who first coined the word pandemonium in 1667  




Soal Nomor 9

Soal nomor sembilan berkaitan dengan aturan penggunaan Present Participle dan Past Participle pada Reduced Adjective Clause. Pada contoh kalimat di soal, seharusnya Past Participle played lah yang digunakan, karena kalimat berbentuk passive voice. Kalimat tersebut dapat dikoreksi sebagai berikut:



We often feel melancholic when listening to a song played on a violin  



Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, kalimat tersebut akan menjadi:

Kita sering merasa melankolis saat mendengarkan lagu yang dimainkan dengan biola

Catatan: Perhatikan kata yang bercetak tebal. Awalan "di" mengindikasikan bahwa klausa memiliki bentuk passive voice. Jika sobat salah menggunakan present participle playing, maka terjemahan kalimat tersebut akan menjadi:

Kita sering merasa melankolis saat mendengarkan lagu yang memainkan dengan biola

Jadi aneh kan artinya? Inilah yang akan terjadi bila kita salah mereduksi klausa kata sifat. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat bagi soal nomor sembilan adalah opsi (C).


Soal Nomor 10

Soal nomor sepuluh berkaitan dengan penggunaan Conjunction pada sebuah Adverbial Clause. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa Adverbial Clause dapat menjelaskan hubungan pertentangan. Pada contoh soal, terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (A). Kalimat tersebut memiliki hubungan pertentangan, dan menjelaskan bahwa sementara beberapa orang sudah mendengar musik secara digital, masih ada beberapa orang yang memainkan musik di piringan vynil. Seharusnya, Conjunction while yang digunakan, bukan when. Kalimat tersebut dapat dikoreksi seperti berikut:



While many of us play music digitally, some people are still listening to vinyl 




Soal Nomor 11

Contoh soal nomor sebelas berkaitan dengan penggunaan Preposition dan Conjunction yang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Sobat mungkin pernah merasa ragu-ragu saat akan menggunakan kata because dan because of, karena keduanya sekilas terlihat sama. Nyatanya, because of adalah sebuah Preposition dan because adalah sebuah Conjunction, dan penggunaannya dalam sebuah kalimat pun juga berbeda. Preposition because of tidak bisa diikuti oleh sebuah klausa (kecuali Noun Clause). Dengan demikian, kita tahu bahwa opsi (C) mengandung kesalahan gramatikal. Seharusnya, kalimat tersebut ditulis seperti berikut:
 


People can sometimes make a very bad decision because they are under a lot of pressure 



Soal Nomor 12

Soal Nomor dua belas berkaitan dengan bentuk Noun Clause yang tereduksi menjadi bentuk to infinitive. Opsi (C) mengandung kesalahan gramatikal, karena kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:



People are getting bored because they do not know what to do in their free time 



Soal Nomor 13

Soal nomor tiga belas berkaitan dengan klausa terikat yang tidak boleh memiliki bentuk interrogative atau kalimat tanya. Sebuah klausa harus selalu berbentuk kalimat pernyataan. Pada soal, terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (C), karena Adjective Clause yang seharusnya berbentuk kalimat pernyataan malah ditulis layaknya kalimat pertanyaan. Untuk memperbaiki kalimat tersebut, kita tinggal membalik posisi Modal can dan Subject we agar kalimat menjadi seperti berikut: 



Optimism often becomes the sole reason why we can cope with problems in life 




Soal Nomor 14

Contoh soal nomor empat belas adalah salah satu jenis soal yang sangat tricky bagi banyak orang. Jika dilihat sekilas memang kalimat tersebut terlihat sudah benar, namun ada satu kesalahan kecil pada opsi (B). Perlu diingat bahwa ketika suatu klausa terikat diletakkan di awal kalimat, maka harus ada koma yang memisahkannya dengan klausa utama. Untuk memperbaiki kalimat tersebut, kita tinggal menambahkan koma setelah kata block, agar kalimat tersebut menjadi seperti berikut:



When an author is experiencing a writer's block, they will do anything to find inspiration 




Soal Nomor 15

Soal nomor lima belas berkaitan dengan agreement antara sebuah Noun atau Noun Phrase serta Adjective Clause yang mengikutinya. Pada contoh soal, terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (B). Karena Noun Phrase a medical emergency merupakan singular Noun, seharusnya kata occur dibubuhi imbuhan s agar kalimat tersebut menjadi seperti berikut:



Hypothermia is a medical emergency that occurs because our body is exposed to extreme cold 




Soal Nomor 16

Soal nomor enam belas adalah contoh bentuk Noun Clause yang tereduksi. Perlu diingat bahwa Noun Clause juga bisa direduksi ke dalam bentuk infinitive, gerund, maupun past participle. Pada contoh soal, terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (D). Karena Noun Clause merupakan bentuk tereduksi, seharusnya Auxiliary is tidak perlu disertakan, agar kalimat menjadi seperti berikut:


When the traffic is very congestedgoing back from work can be longer than expected 



Nah, demikianlah contoh materi soal TOEFL Structure and Written Expression serta pembahasannya kali ini. Bagaimana? Mudah bukan? Meski banyak yang beranggapan bahwa soal Structure and Written Expression itu sulit, sebenarnya kita tetap bisa menyiasati hal tersebut dengan banyak belajar dan berlatih. Maka dari itu, pastikan sobat tetap mengikuti kelanjutan artikel TOEFL Complete Course ini ya, biar bisa mendapat skor maksimal saat mengambil tes TOEFL nanti.

Jika ada pertanyaan atau saran, bisa langsung sampaikan via comment section ya. Kalau sobat belum membaca artikel sebelumnya yang berkaitan dengan materi TOEFL, silahkan ikuti link berikut ini:

No comments:

Post a comment