Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan - Degree of Comparison

Contoh Soal TOEFL dan Pembahasan - Degree of Comparison


Pendahuluan

Pada materi sebelumnya, kita sudah membahas soal-soal TOEFL Structure and Written Expression yang berkaitan dengan clause, baik itu Noun Clause, Adjective Clause, maupun Adverbial Clause. Hari ini, kita akan melanjutkan materi Structure and Written Expression dan membahas soal-soal yang berkaitan dengan Degree of Comparison. Sebelum masuk ke materi, sobat bisa mengerjakan beberapa contoh soal berikut ini.


Latihan Soal TOEFL Structure and Written Expression



Soal Nomor 1

Mount Everest is ____________ mount in the world

(A) highest

(B) the highest

(C) most high

(D) most highest


Soal Nomor 2

Aluminum is _____________ than steel, and is widely used in car manufacturing

(A) as pliable

(B) very pliable

(C) more pliable

(D) the most pliable


Soal Nomor 3

Quitting a bad habit is not as ____________

(A) easy as it seems

(B) easy like it seems

(C) easy than it seems

(D) easy of what it seems


Soal Nomor 4

A journey by plane can ____________ than expected because the flight is delayed

(A) as much long

(B) be much longer

(C) feels much longer

(D) be the longest  


Soal Nomor 5

Saturn is _____________ the earth

(A) much bigger

(B) much more big

(C) much more big than

(D) much bigger than


Soal Nomor 6

Indonesia is a (A) country with (B) the second most highest (C) biodiversity in (D) the world


Soal Nomor 7

A football player who takes (A) a free-kick usually (B) has a (C) higher shooting accuracy to (D) any other players 


Soal Nomor 8

People who just (A) start working out can choose least (B) physically demanding (C) sport so they won't get (D) overwhelmed 


Soal Nomor 9

Some people become extremely (A) successful not only (B) because they are smarter, but also because they work more hard (C) than (D) others


Soal Nomor 10
Because of (A) its (B) beautiful nature and rich cultural heritage, Bali has become (C) one of the famousest (D) islands in the world


Pembahasan

Soal Nomor 1

Soal nomor satu berkaitan dengan aturan penggunaan superlative yang bermakna "paling". Perlu diingat bahwa superlative memiliki bentuk sebagai berikut:



the + (Adj+est) 👉 untuk kata dengan jumlah syllable kurang dari tiga, dan 


the + most + Adj ðŸ‘‰untuk kata dengan jumlah syllable minimal tiga



Kita tahu bahwa terdapat redundancy (penggunaan kata most dan Adjective dengan akhiran -est secara bersamaan) pada opsi (C) dan (D) sehingga dua opsi itu pasti salah. Opsi (A) sebenarnya hampir benar, hanya saja tidak terdapat determiner the yang harus ada dalam bentuk superlative. Jawaban yang paling tepat untuk contoh soal di atas adalah opsi (B). Kalimat tersebut secara lengkap ditulis sebagai berikut:

Mount Everest is the highest mountain in the world   


Soal Nomor 2

Soal nomor dua berkaitan dengan penggunaan bentuk comparative, dan hal ini bisa langsung jelas terlihat dari penggunaan kata than yang ada di soal. Dengan demikian, kita tahu bahwa opsi (A) dan (D) salah karena keduanya adalah bentuk positive comparison dan superlative. Opsi (B) juga salaha karena bukan merupakan bentuk degree of comparison. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (C). Secara lengkap, kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:


Aluminum is more pliable than steel, and is widely used in car manufacturing 


Soal Nomor 3

Soal nomor tiga berkaitan dengan bentuk positive comparative yang memiliki struktur:


  ...as + Adj + as...


Karena conjunction as pada bentuk positive comparative tidak bisa dikombinasikan dengan like, than maupun of, maka kita bisa langsung tahu bahwa jawaban yang paling tepat bagi contoh soal nomor tiga adalah opsi (A). Kalimat tersebut secara lengkap dapat ditulis sebagai berikut:


Quitting a bad habit is not as easy as it seems   


Soal Nomor 4

Pertanyaan nomor 4 berkaitan dengan bentuk comparative, dan hal ini bisa dilihat dari kata than yang ada di soal. Dengan demikian, kita tahu bahwa opsi (A) dan (D) pasti salah. Opsi (C) sebenarnya hampir benar, namun karena Modal can seharusnya diikuti oleh bentuk infinitive feel, bukan feels. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal tersebut adalah opsi (B). Secara lengkap, kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:


A journey by plane can be much longer than expected because the flight is delayed    


Soal Nomor 5

Karena kata big hanya terdiri dari satu syllable, maka bentuk comparative-nya adalah bigger. Dengan demikian, kita tahu bahwa opsi (B) dan (C) pasti salah. Opsi (A) sebenarnya sudah hampir benar, namun bentuk comparative-nya tidak memiliki than. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal tersebut adalah (D). Kalimat pada soal secara lengkap ditulis sebagai berikut:


Saturn is much bigger than the earth    


Soal Nomor 6

Terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (C). Karena kata high hanya terdiri dari satu syllable, maka bentuk superlative-nya adalah highest. Dengan demikian, penggunaan kata most menjadi sebuah redundancy. Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:


Indonesia is a country with the second highest biodiversity in the world  


Soal Nomor 7

Terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (D). Bentuk comparative seharusnya menggunakan than, bukan to. Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:


A football player who takes a free-kick usually has a higher shooting accuracy than any other players  


Soal Nomor 8

Di soal nomor 8, terdapat kesalahan gramatikal yang berhubungan dengan penggunaan bentuk superlative. Seharusnya, bentuk superlative yang digunakan harus lengkap, sementara pada opsi (B), kata the yang seharusnya menjadi bagian dari superlative tidak ada. Seharusnya kalimat tersebut ditulis sebagai berikut:


People who just start working out can choose the least physically demanding sport so they won't get overwhelmed  


Soal Nomor 9

Kata hard hanya terdiri satu syllable sehingga bentuk comparative-nya adalah harder, bukan more hard. Dengan demikian, kita tahu bahwa kesalahan gramatikal ada di opsi (C). Kalimat tersebut seharusnya sebagai berikut:


Some people become extremely successful not only because they are smart, but also because they work harder than others  


Soal Nomor 10

Terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (D), di mana bentuk superlative dari kata famous adalah the most famous, bukan famousest. Ada pengecualian bagi aturan degree of comparison dan jumlah syllable. Ada beberapa kata dengan jumlah syllable kurang dari tiga yang harus menggunakan more (comparative) dan most (superlative). Kata famous dan beberapa kata yang berakhiran dengan -ous masuk ke dalam aturan pengecualian ini. Kalimat pada soal tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:


Because of its beautiful nature and rich cultural heritage, Bali has become one of the most famous island in the world  


Demikian materi, latihan dan pembahasan soal-soal TOEFL Structure and Written Expression kali ini. Sobat bisa membaca artikel sebelumnya yang berkaitan dengan clauses pada soal-soal TOEFL Structure and Written Expression. Jangan lupa untuk terus update dengan artikel kita, terutama bagi sobat yang sedang butuh banget ambil tes TOEFL tapi masih galau dengan grammar. Jika ada saran, kritik atau pertanyaan, langsung tulis saja di kolom komentar.


Thank you 💓


Untuk membaca artikel sebelumnya, silahkan ikuti tautan berikut ini:

Soal-soal TOEFL dan pembahasan


Update materi selanjutnya bisa sobat baca di sini

2 comments: