Materi, Contoh Soal, dan Pembahasan Structure and Written Expression TOEFL ITPT, PBT/ELPT

Halo sobat freeschool, berjumpa lagi dengan saya. Kali ini, saya ada sharing cerita lagi nih terkait pelaksanaan tes TOEFL yang mungkin bisa jadi rujukan untuk sobat freeschool yang juga akan tes. Seperti biasa, sharing di freeschool.id tidak hanya sekedar sharing tapi juga ada contoh soal serta tips pengerjaan berdasarkan apa yang saya amati di tes saya sebelumnya. 

Oke, kita mulai dulu dari cerita tes TOEFL saya ya. Jadi, di kantor saya bekerja itu ada kesempatan untuk mengikuti tes TOEFL bagi semua pegawai. Karena saya lagi ada waktu, ya sudah saya ikut tes itu deh. Mungkin sobat yang pernah baca sharing pengalaman saya sebelumnya masih ingat ya saya ikut tes TOEFL terakhir di tahun 2021, itu buat CPNS sih. Skor TOEFL yang tahun 2021 itu 653 sobat, nanggung banget ya padahal tinggal 24 skor lagi menuju skor sempurna 677. Nah, sialnya di tes TOEFL kantor ini skor saya turun jadi 630 saja, padahal menurut saya tidak begitu sulit. 

Tapi ada yang menarik sih dari proses pendaftaran sampai pelaksanaan tes itu, ada hal-hal baru yang saya baru tahu karena ya baru sekali itu saya tes TOEFL online. Jadi awalnya kita disuruh daftar gitu, semacam bikin akun. Nah, setelah itu kita harus download tuh aplikasi buat tes, terus cek sound, bandwidth dan device kita. Saya sehari sebelumnya sudah cek semua itu di device saya dan semua baik-baik saja. Nah, karena spesfikasi device untuk tes ini cukup tinggi (saya lupa detailnya), saya tidak bisa menggunakan laptop pribadi saya yang hanya intel core i3 dengan RAM minimalis ini. Saya putuskan untuk pakai laptop kantor yang sudah intel core i7 dan RAM mumpuni, sesuai anjuran panitia sih. Oh ya, selain itu siapkan juga handphone, tripod dan kuota untuk zoom ya sobat, karena kita diawasi pengawasnya via zoom gitu, harus kelihatan kita lagi mengerjakan dan kelihatan layar device kita. Ruangan harus clear juga, tapi itu saya lagi ngantor jadi ya saya di meja kantor aja sih izin dulu sama atasan.

Drama dimulai sehari sebelum tes sih, sebenarnya. Jadi saya kan butuh tripod atau phone holder begitulah untuk tes. Saya rencana mau pinjam teman saya tripod, karena dia biasa jadi fotografer kantor. Sialnya, dia sedang cuti ke luar kota atau perjalanan dinas begitu, jadi tidak bisa pinjam 😭. Ya sudah, mau tak mau akhirnya saya harus beli selfie stick gitu sobat, yang seperti ini nih.

Selfie Stick
Selfie Stick


Selain harus beli selfie stick, saya juga harus beli headset kabel karena tidak diperbolehkan pakai yang wireless, semacam earbuds begitu kan kalau yang saya punya. Ini juga catatan penting sih karena kita memang diharuskan untuk pakai yang kabel, takutnya kalau tidak sesuai nanti tidak bisa tes sobat, jadi silahkan dipersiapkan.


 

earbuds
Earbuds Tidak Boleh Dipakai saat Tes TOEFL

Ketika hari pelaksanaan tes, saya buka laptop kantor dan ada kendala teknis. Kuncian di laptop kantor ini tidak memungkinkan instalasi dan penggunaan app baru di luar app yang sudah ada di laptop kantor, dan kalau mau install juga harus izin dulu dong ke Biro TI dan itu takes time. Sudah saya utak - atik tetap tidak bisa, akhirnya saya pinjam laptop teman saya, dengan janji tes itu hanya sebentar saja. Ini jadi catatan sih, kalau sobat mau tes online mending pastikan dulu device sobat sudah mumpuni dan bisa akses aplikasi yang buat tes, jangan sampai seperti saya nanti. 

Mungkin karena faktor deg deg an dan sungkan pinjam laptop orang, itu saya mengerjakan Structure and Written Expression sama Reading-nya cepat sekali. Masih ada waktu hampir setengah jam tapi saya izin ke pengawas via fitur chat di aplikasi, so I said to him: "I've finished my test and I have submitted my answers, can I leave? I need to go to the bathroom, for real" 🤣

Karena diziinkan ya sudah saya leave. Nanti kalau sobat tes begitu tidak ada bathroom break ya, jadi sebelum mulai tes mending ke toilet dulu aja, daripada daripada kan. Setelah diizinkan leave saya langsung leave saja demi segera balikin laptop teman ya kan. Skor langsung keluar, 630 ya lumayanlah meski turun dari skor tes sebelumnya. Ini saya berikan sedikit contoh sertifikatnya sobat, dari ETS. Tapi ada bagian yang saya sensor ya, for safety reason.

Sertifikat TOEFL
Sertifikat TOEFL


Pada kesempatan ini, kita juga akan kembali membahas soal-soal TOEFL dan berfokus pada materi yang berkaitan dengan penggunaan kata kerja atau Verb. Ini adalah jenis soal yang saya temui ketika tes TOEFL kantor kemarin ya sobat, jadi ada baiknya dibahas secara khusus soal-soal yang berkaitan dengan Verb ini. Meski Verb adalah materi yang tergolong basic, tapi penerapannya dalam soal-soal TOEFL Structure and Written Expression bisa sangat memusingkan. Jumlah Verb dalam Bahasa Inggris sendiri ada 12 (bukan 16, karena beberapa orang mengira jumlah kata kerja ada 16, which makes me sad sometimes). Jadi, bisa sobat bayangkan berapa banyak variasi soal yang bisa muncul hanya dari materi yang berkaitan dengan Verb saja. Sebelum kita mengerjakan soal-soal latihan, mari kita pelajari dulu jenis-jenis kata kerja dalam Bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya.  

Oke, kita mengenal Main Verb, Auxiliary, dan Modal yang bersama-sama bisa membentuk sebuah Verb Phrase atau biasa ditulis sebagai [VP]. Main Verb sendiri menjelaskan apa yang dilakukan oleh Subject, dan bisa digunakan tanpa Auxiliary maupun Modal. Auxiliary sendiri berfungsi memberikan informasi tambahan yang berkaitan dengan tense (waktu), mood (yang berkaitan dengan bentuk declarative atau pernyataan, interrogative atau petanyaan, imperative atau perintah, conditional atau syarat dan subjunctive atau kemungkinan/perandaian), person dan number (dua hal ini berkaitan dengan S-V agreement). Modal memiliki fungsi penjelasan yang berkaitan dengan ability (kemampuan), possibility (kemungkinan), necessity (keharusan) dan intention (keinginan).

Kata kerja juga berkaitan dengan aturan Tense dan dan Aspect. Ada 3 jenis Tense dalam Bahasa Inggris, yaitu Past, Present dan Future. Terdapat 4 Aspect yaitu Simple, Continuous, Perfect dan Perfect Continuous. Aturan yang berkaitan dengan Tense dan Aspect ini membentuk dua belas Verb Bahasa Inggris yang diilustrasikan oleh tabel berikut:

Tense & Aspect

Simple

Continuous

Perfect

Perfect Continuous

Past

Simple Past Tense

S + V2 + …

Past Continuous Tense

S + was/were + Ving + …

Past Perfect Tense

S + had + V3 + …

Past Perfect Continuous Tense

S + had + been + Ving + …

Present

Simple Present Tense

S + V1 + …

Present Continuous Tense

S + am/is/are + Ving + …

Present Perfect Tense

S + has/have + V3 + …

Present Perfect Continuous Tense

S + has/have + been + Ving + …

Future

Simple Future Tense

S + will + VINF

Future Continuous Tense

S + will + be + Ving + …

Future Perfect Tense

S + will + have + V3 + …

Future Perfect Continuous Tense

S + will + have + been + Ving + …

Catatan:

V1 = Simple Present Tense

V2 =  Semua bentuk Past Tense

V3 = Past Participle

Ving = Present Participle

VINF = Verb Infinitive


Setelah membaca materi di atas, sekarang waktunya sobat mencoba latihan soal-soal TOEFL Structure and Written Expression berikut ini.



Soal Nomor 1

A supersonic aircraft ________________ faster than the speed of sound

(A) can travel

(B) travel

(C) it can travel

(D) it travels


Soal Nomor 2

All living things ________________ water to survive

(A) need

(B) are needing

(C) needs

(D) they are needing


Soal Nomor 3

Ambush predators often _________________ in a hidden place and attack the unsuspecting preys that come nearby

(A) hiding

(B) hide

(C) they are hiding

(D) to hide


Soal Nomor 4

Although Indonesia __________________ its independence in 1945, the country  still had to defend its sovereignty until 1949 

(A) has gained

(B) would have gained

(C) would gain

(D) had gained 


Soal Nomor 5

A fatal accident could happen because a driver is distracted _______________________

(A) driving

(B) while they were driving

(C) they are driving

(D) while they are driving


Soal Nomor 6

If a person is exposed to (A) extreme cold for a long period of time (B), they will suffer from (C) hypothermia and dead (D)



Soal Nomor 7

Working experience is one of the criteria (A) that have (B) to be met (C) by jobseekers (D)


Soal Nomor 8

Students need to learn soft skills because (A) in real life, they (B) can't rely solely over (C) hard skills to succeed (D)


Soal Nomor 9

The USSR launches (A) the first artificial satellite into (B) the orbit in 1957, which marked (C) the beginning of the space race (D)


Soal Nomor 10

By the year (A) 2050, it is predicted that some of today's (B) emerging markets would (C) become the largest economies (D)



Pembahasan 1

Verb dan Kelengkapan Struktur Kalimat

Untuk melengkapi contoh kalimat rumpang pada soal nomor 1, kita membutuhkan sebuah Verb. Ingat, sebuah kalimat Bahasa Inggris setidaknya harus memiliki sebuah Subject dan Verb. Karena contoh kalimat pada soal sudah memiliki Subject, berarti kita tidak butuh Subject lagi sehingga opsi (C) dan (D) pasti salah. Opsi (B) hampir benar, namun karena Subject a supersonic aircraft adalah singular Noun, seharusnya Verb travel dibubuhi infleksi -s. Jawaban yang paling tepat untuk contoh soal di atas adalah opsi (A) dan kalimat seharusnya ditulis sebagai berikut:


A supersonic aircraft can travel faster than the speed of sound


Pembahasan 2

Subject-Verb Agreement

Dari soal sebelumnya, kita tahu bahwa Subject dan Verb harus selalu bersesuaian dan bahwa pada kasus tertentu, sebuah Verb akan membutuhkan infleksi. Pada contoh soal nomor 2, kalimat yang rumpang harus dilengkapi dengan memasukkan sebuah kata kerja. Karena (D) adalah sebuah klausa dan bukan kata kerja, maka bisa langsung kita eliminasi. Opsi (B) bukanlah opsi yang tepat, karena kalimat yang menjelaskan general truth seharusnya menggunakan jenis kata kerja Simple Present Tense, bukan Simple Continuous Tense. Opsi (C) sebenarnya sudah hampir benar. Hanya saja, Subject all living things merupakan jenis benda jamak sehingga kata kerja need tidak seharusnya dibubuhi imbuhan -s. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal nomor 2 adalah (A) dan kalimat secara lengkap seharusnya ditulis sebagai berikut:

All living things need water to survive


Pembahasan 3

Simple Present Tense

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas penggunaan Simple Present Tense yang menjelaskan sebuah fakta umum atau general truth. Soal seperti ini sering sekali muncul di awal-awal tes Structure and Written Expression dan membuat beberapa orang pusing karena harus memilih di antara dua pilihan kata kerja. Fakta umum atau general truth yang dijelaskan dengan Simple Present Tense ini  biasanya berkaitan dengan suatu peristiwa yang umum terjadi terlepas dari waktu kejadiannya, dan biasanya tidak menggunakan time marker karena general truth selalu terjadi demikian. Misal, pada kalimat water boils at a hundred degree Celsius, kita tahu bahwa air akan selalu mendidih pada suhu seratus derajat Celsius, dari dulu dan sampai kapan pun akan selalu seperti itu, sehingga kalimat tersebut dikategorikan ke dalam fakta umum. 

Pada contoh soal di atas, Simple Present Tense digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang sifatnya habitual atau dilakukan secara berulang-ulang. Untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut, kita membutuhkan bentuk kata kerja Simple Present Tense sehingga kita tahu opsi (A) dan (D) pasti salah. Opsi (C) juga kurang tepat karena kalimat pada pertanyaan tersebut sudah memiliki Subject ambush predators sehingga tidak membutuhkan subjek lagi. Secara lengkap, kalimat seharusnya ditulis sebagai berikut:

Ambush predators often hide in a hidden place and attack the unsuspecting preys that come nearby


Catatan

Bentuk kata kerja Simple Present Tense yang menjelaskan suatu hal yang terjadi berulang-ulang biasanya memiliki Adverb usually, always, often, kata berawalan (every day, every week, every month, every year), habitually, generally, dan lain sebagainya.


Pembahasan 4

Past Perfect Tense

Soal yang berkaitan dengan penggunaan Past Perfect Tense adalah salah satu jenis soal yang sangat membingungkan. Kerancuan yang muncul biasanya tidak jauh-jauh dari ketidaksesuaian timeline kejadian. Pada contoh soal nomor 4, bisa kita lihat bahwa pernyataan Indonesia masih harus mempertahankan kemerdekaan terjadi di masa lampau (1949), sehingga awal tercapainya kemerdekaan pastilah terjadi lebih dahulu (1945). Dengan demikian, tidak mungkin kita menggunakan Present Perfect Tense pada opsi (A), karena sudah jelas bahwa kemerdekaan itu terjadi di satu titik tertentu di masa lampau dan bukanlah suatu kejadian yang berulang. Kita juga tahu bahwa opsi (B) dan (C) salah karena kalimat tersebut adalah sesuatu yang benar-benar terjadi dan sudah terjadi, bukan perandaian (conditional sentence) sehingga subjunctive mood tidak seharusnya digunakan. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (D). Penggunaan bentuk Past Perfect Tense had gained bersesuaian dengan kronologi kejadian, di mana masa kemerdekaan sudah terjadi dahulu sebelum masa mempertahankan kemerdekaan.


Catatan

Pada contoh soal yang saya berikan, saya sengaja menggunakan ilustrasi sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia agar lebih mudah dipahami. Keterangan tahun (1945 dan 1949) juga saya tulis agar menjadi patokan. Namun perlu diingat bahwa di soal tes yang sebenarnya, soal tidak akan semudah ini dan sobat mungkin harus memahami dan menyimpulkan kronologi kejadian serta jenis kata kerja apa yang seharusnya digunakan.

Kalimat pada soal seharusnya ditulis sebagai berikut:  

Although Indonesia had gained its independence in 1945, the country still had to defend its sovereignty until 1949 


Pembahasan 5

Present Continuous Tense

Soal ini berkaitan dengan penggunaan Present Continuous Tense untuk menjelaskan dua kejadian (event) yang  terjadi secara bersamaan. Kita dapat langsung mengeliminasi opsi jawaban (A) dan (C) karena kalimat pada soal sudah memiliki kata kerja, dan jika ada kerja lagi maka kita perlu menggunakan Conjunction. Opsi (B) dan (D) kemungkinan benar karena sama-sama memiliki Conjunction. Namun, sobat harus juga memperhatikan kalimat di soal, dan pastikan parallel dengan jawabannya. Jika kita lihat, soal menggunakan Copula "is" sehingga jawaban yang parallel dan benar adalah opsi (D). Opsi (C) salah karena tidak parallel, jawaban memakai Past Tense (bisa dilihat dari Auxiliary "were") sementara di soal kata kerja berbentuk Present. 

Kalimat pada soal di atas seharusnya ditulis sebagai berikut:

A fatal accident could happen because a driver is distracted while they are driving 


Pembahasan 6

Tricky Words

Soal tricky words adalah salah satu jenis soal yang membingungkan, karena ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang sekilas tampak sama tapi sebenarnya berbeda baik dari arti katanya, kelas katanya, posisinya dalam kalimat, dan tentu saja penggunaannya dalam kalimat.

Pada contoh soal di atas, bisa kita lihat bahwa kata "dead" yang berupakan kata sifat (Adjective) tidak seharusnya digunakan karena tidak parallel dengan kata kata kerja "would suffer" yang merupakan sebuah Verb. Agar menjadi parallel, maka kita harus mengganti kata "dead" dengan kata kerja, yaitu "die". Dengan demikian, jawaban dari contoh soal di atas adalah opsi (D).

Kata "dead" dan "die" memang sering salah digunakan secara terbalik-balik, karena kita sering berpikir, oh die dan dead artinya meninggal, bisalah pakai satu di antara keduanya. Ya, memang kita harus pakai satu di antara dua kata itu, tapi tetap harus menyesuaikan ya sobat. Ketika butuh menggunakan kata sifat ya kita pakai kata "dead" misal pada kalimat:

  • The climbers are all dead because they suffered from hypothermia as they reached the summit while snow storm was rampaging the mountain on wednesday
Pada contoh kalimat di atas, kita pakai kata "dead" tapi setelah Copular Verb ya sobat, atau yang biasa kita kenal dengan istilah to be yaitu kata "are". Dengan kata lain, "are dead" dan "die" itu sama ya sobat. 

Nah, kalau kita butuh menggunakan kata kerja ya kita pakai kata "die" seperti pada contoh kalimat di soal itu ya sobat. Gimana? Sudah bisa kan membedakan kata-kata tricky dalam Bahasa Inggris? Kalau nanti saat tes ada soal seperti ini, sobat sudah tak lagi bingung mencari mana jawaban yang benar, mana kata yang salah kok semua kata di soal terlihat benar 😉

Catatan
Oh ya, karena dua kata itu juga ada versi lampaunya atau Past Tense seperti pada kata kerja dalam Bahasa Inggris pada umumnya, ya kita harus menyesuaikan ya. Jadi ingat:
  • are dead = die (Present Tense, Plural)
  • were dead = died (Past Tense, Plural)
  • is dead = dies (Present Tense, Singular)
  • was dead = died (Past Tense, Singular)
Kalimat pada contoh soal di atas seharusnya ditulis sebagai berikut: 

If a person is exposed to extreme cold for a long period of time, they would suffer from hypothermia and die 


Pembahasan 7

Prepositional Phrase and S-V Agreement

Contoh soal nomor 7 di atas adalah salah satu contoh soal yang sangat rumit dijelaskan dan dikerjakan (for some people sih), karena ada banyak faktor yang jadi pertimbangan. Intinya, kita harus menyesuaikan antara Subject kalimat yang berbentuk Singular dengan kata kerja yang ada di Adjective Clause. Subject kalimatnya adalah "working experience", yang mana itu bentuknya singular. Kita tahu dia Singular juga dari Copular Verb "is" ya sobat. Selain itu, ada kata "one" yang semakin menunjukkan bahwa Subject kalimat itu Singular. Nah, yang bikin kita terkecoh tuh frasa "the criteria" yang merupakan Plural Noun itu. Sebenarnya, "the criteria" itu adalah Object of Preposition bagi kata depan "of". Karena dia hanya Object of Preposition, harusnya tidak menentukan jenis kata kerja yang datang setelahnya. Kita menentukan jenis kata kerja berdasarkan kata "one" yang letaknya sebelum Preposition. Jawaban yang tepat bagi soal di atas adalah opsi (B), dan seharusnya kalimat ditulis dengan kata kerja "has to be met" yang sesuai dengan Subject yang Singular, sehingga kalimat menjadi seperti berikut: 

Working experience is one of the criteria that has to be met by jobseekers 

Catatan:

Ada beberapa kata yang menjadi penanda bahwa Subject itu Singular, di antaranya adalah:

  • one
  • a/an
  • each
  • every
  • single
  • something, someone, somebody
  • any
Kalau sobat ketemu kata-kata di atas, hampir bisa dipastikan kata kerja yang digunakan adalah kata kerja yang sesuai dengan Subject Singular. Nah, semoga penjelasan di atas bisa ditangkap ya, karena soal ini sebenarnya mudah dijelaskan tapi kadang agak tricky dikerjakan.

Pembahasan 8

Phrasal Verbs

Contoh soal di atas adalah contoh penggunaan Phrasal Verb "rely on" yang artinya bergantung kepada. Nah, "rely" itu pasti digunakan bersamaan dengan kata "on" bukan in, over, of, from atau apa pun itu. Tidak ada aturan yang mengatur mengapa rely harus digunakan dengan on, tapi intinya dua kata itu memang satu rangkaian. Nah, kalau tidak bisa dijelaskan terus bagaimana? Satu-satunya cara mempelajari Phrasal Verb ya dengan kita terbiasa menggunakannya. Tapi tenang, ada kamus khusus untuk Phrasal Verbs ini, silahkan sobat googling saja pasti banyak muncul di situ. Silahkan dibaca dan dipelajari dengan seksama.

Jawaban yang tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (C). Seharusnya, kalimat ditulis seperti berikut:

Students need to learn sofskills because in real life, they can't rely solely on hardskills to succeed 


Pembahasan 9

Time Marker pada Kata Kerja Past Tense

Contoh soal nomor 9 adalah soal yang sebenarnya sangat mudah namun perlu ketelitian ekstra dalam pengerjaannya. Jika kita cek kelengkapan Subject dan Verb, memang sudah tampak lengkap ya sobat, Direct Object pun ada, keterangan waktu ada, Adjective Clause juga sudah tepat. 

Padahal kalau kita perhatikan, itu ada time marker "in 1957" kan ya, yang berarti itu kata kerjanya harus Past Tense. Tapi, di kalimat itu pakai Present Tense "launches" yang, satu, tidak sesuai time marker, dua, tidak parallel dengan Adjective Clause yang sudah benar pakai kata kerja Past Tense "marked" dan tiga, ya memang space race itu ada di masa lampau, peluncuran sputnik oleh Rusia juga di masa lampau, orang namanya aja masih USSR kok🤣

Karena baik tahun, Adjective Clause, dan fakta sejarahnya menunjukkan kejadian masa lampau, ya sudah bisa kita pastikan itu kata kerja "launches" itu salah, sehingga opsi jawaban yang harus kita pilih adalan opsi (A). Seharusnya kita pakai kata "launched" ya sobat, untuk menunjukkan peluncuran sputnik a.k.a the first artificial satellite itu yang terjadi di masa lampau. Kalimat seharusnya ditulis sebagai berikut:

USSR launched the first artificial satelite to the orbit in 1957, which marked the beginning of the space race 


Pembahasan 10

Perbedaan Modal Will dan Would

Soal nomor 10 berkaitan dengan perbedaan antara modal will dan would. Sebenarnya agak sulit menjelaskan konsep will dan would ini, tapi coba kita sederhanakan dulu untuk contoh soal ini ya sobat. Intinya, will digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang, misal tahun 2050 nanti. Nah, would sebenarnya sama juga, tapi dia digunakan dalam konteks masa lampau, jadi semacam ada dua kejadian berbeda, satu kejadian datang setelah kejadian yang satunya. Misal begini, rencana proklamasi kemerdekaan itu kan sebenarnya dijanjikan Jepang pada 24 agustus 1945, tapi para pemuda ketika itu tidak mau kalau kemerdekaan didapat sebagai hasil pemberian penjajah, sehingga mereka 'memaksa' untuk kemerdekaan diproklamasikan di tanggal 17 Agustus 1945. Nah, kemerdekaan yang merupakan kehendak Jepang sama kemerdekaan yang merupakan kehendak pemuda ini kan dua kejadian berbeda ya, tapi di masa lampau begitu, jadi kalau kita jelaskan ya nanti akan pakai kata would, misal begini:

  • After losing the Pacific War and unconditionally surrendered to the allies, Japan promised the independence for the East Indische on 24 August 1945. However, some pemuda later pressed for independence to be immediately proclaimed and would kidnap Soekarno and Hatta on 16 August 1945, persuading them to declare Indonesian Independence.

Pada contoh di atas, satu kejadian terjadi dan disusul kejadian lainnya. Tapi karena semua kejadian di atas terjadi di masa lampau, maka kita menggunakan would yang bergaris bawah itu. Hal ini tentu berbeda dengan kalimat di soal yang membicarakan suatu kejadian yang akan terjadi di tahun 2050. Karena kejadian di 2050 itu adalah kejadian masa mendatang (relatif dari saat artikel ini ditulis, yaitu tahun 2024), maka menggunakan Modal "will". Jawaban yang benar untuk contoh pertanyaan di atas adalah opsi (C), seharusnya kalimat ditulis sebagai berikut:  

By the year 2050, it is predicted that some of today's emerging markets will become the largest economies 


Nah, demikianlah penjelasan untuk beberapa contoh soal TOEFL Structure and Written Expression yang berkaitan dengan kata kerja ya sobat. Semoga penjelasan ini bisa membantu sobat semua dalam pengerjaan tes TOEFL, agar skor yang sobat dapatkan bisa maksimal dari pengerjaan Structure and Written Expression. Jika sobat ada pertanyaan atau saran, bisa langsung disampaikan di kolom komentar. See y'all ✋

No comments:

Post a Comment