Contoh Soal dan Pembahasan TOEFL Structure and Written Expression - Subject - Verb Agreement



Hari ini, kita akan melanjutkan materi TOEFL Structure and Written Expression. Materi pembelajaran hari ini berkaitan dengan soal Subject-Verb agreement yang sering diujikan di TOEFL. Ada banyak variasi soal yang mungkin diujikan, dan beberapa variasi soal itu  sudah saya rangkum dalam sesi latihan berikut. Kerjakan latihan di bawah ini, lalu baca pembahasan yang ada di bawahnya. Hitung berapa soal yang sudah bisa sobat jawab dengan benar dan soal yang seperti apa yang sekiranya akan menjadi hambatan di tes yang sesungguhnya.


Latihan Soal TOEFL Structure and Written Expression


1. Two of the most common characteristics of a hardworking individual ___________________ consistency and perseverance

(A) are 

(B) is

(C) are being

(D) will be


2. Much of the the money that people earn ___________________ for consumption

(A) are allocated

(B) is allocated

(C) allocated

(D) allocating


3. Due to habitat loss, some rare species face serious threat of extinction and only few of them ___________________

(A) survives

(B) survive

(C) survival

(D) survivor


4. The majority of earth surface __________________ with water

(A) is covered

(B) are covered

(C) covered

(D) will be covered


5. Surface water only __________________ a small proportion of all freshwater, but it serves most of our life's needs   

(A) make up

(B) makes up

(C) making up

(D) is making up


6. A (A) healthy diet consist of (B) some essential nutrients (C) such as carbs, protein, fats (D), vitamins and minerals   


7. Displayed (A) at the National Archives Building are (B) the Bill of Rights, which comprises (C) the first (D) ten amendments of the US Constitution


8. Mathematics are (A) a compulsory subject (B) that students (C) have to learn at school (D)


9. More than half (A) of world (B) population lives (C) in some of the most populous (D) countries on earth 


10. Web developer (A) is one (B) of the most sought-after (C) jobs which promise (D) high salary and career prospect



Pembahasan

Pembahasan Soal Nomor 1

Soal nomor satu adalah jenis soal yang berkaitan dengan penggunaan plural Subject, yang ditandai dengan frasa two of the most common characteristics of an individual. Soal ini bisa sangat mengecoh karena beberapa orang mengira bahwa kata individual adalah Subject kalimat. Kata individual memang sebuah kata yang merujuk pada benda berjumlah satu, namun kata tersebut merupakan bagian dari Prepositional Phrase of a hardworking individual, dan bukan merupakan Subject kalimat. Subject two of the most common characteristics of a hardworking individual bisa diartikan sebagai "dua dari sebagian ciri-ciri seorang pekerja keras", yang berarti Subject kalimat merupakan plural Noun (karena berjumlah dua). Jawaban yang tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (A). Opsi (C) dan (D) kurang tepat karena general fact seharusnya dijelaskan dengan Simple Present Tense, bukan Simple Future Tense atau Present Continuous Tense. Opsi (B) juga kurang tepat karena tidak bersesuaian dengan Subject kalimat yang berbentuk jamak. Kalimat tersebut secara lengkap ditulis sebagai berikut


Two of the most common characteristics of a hardworking individual are consistency and perseverance


Mungkin ada sebagian orang yang bertanya-tanya, mengapa Subject kalimat di atas bukan a hardworking individual, tapi malah kata yang ada di belakangnya. Perlu diingat bahwa Subject kalimat biasanya terletak sebelum Prepositional Phrase, dan Subject itulah yang menentukan jenis kata kerja yang ada di kalimat. Pada contoh soal di atas, kita bisa sedikit merubah struktur kalimat untuk membuktikan bahwa Subject kalimat bukanlah frasa a hardworking individual. Perhatikan contoh berikut ini.


  • Consistency and perseverance are two of the most common characteristics of a hardworking individual (benar)


Tentu kalimat akan menjadi sangat janggal kalau kita salah meletakkan frasa a hardworking individual di posisi Subject, seperti pada contoh berikut:


  • A hardworking individual are the two of the most common characteristics of consistency and perseverance (salah)


Oke, sekarang sobat tahu kan, alasan mengapa Prepositional Phrase tidak bisa dijadikan sebagai Subject kalimat? 



Pembahasan Soal Nomor 2

Soal nomor dua berkaitan dengan penggunaan uncountable Noun sebagai Subject kalimat. Perlu diingat bahwa aturan Subject-Verb agreement pada uncountable Noun sama persis seperti aturan Subject-Verb agreement pada singular Noun. Kita bisa langsung mengeliminasi opsi (C) dan (D) karena sebuah kalimat pasif seharusnya memiliki Auxiliary dalam bentuk to be. Opsi (A) juga kurang tepat karena Auxiliary yang digunakan seharusnya is, agar bersesuaian dengan Subject kalimat yang merupakan uncountable Noun. Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:


Much of the money that people earn is allocated for consumption 



Pembahasan Soal Nomor 3

Seperti soal nomor satu yang sebelumnya sudah kita bahas, soal nomor tiga juga menghadapkan kita pada Prepositional Phrase. Frasa few of them sendiri memiliki arti beberapa dari sekian banyak, yang berarti kita tahu bahwa kata kerja yang mengikutinya harus kata kerja yang bersesuaian dengan plural Subject. Kita tahu bahwa opsi (C) dan (D) bukanlah jawaban yang tepat, karena kalimat rumpang tersebut membutuhkan kata kerja, bukan kata sifat (survival) atau kata benda (survivor). Opsi (A) juga kurang tepat karena survives bukanlah kata kerja yang bersesuaian dengan singular Subject. Jawaban yang tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (B). Secara lengkap, kalimat seharusnya ditulis seperti berikut:


Due to habitat loss, some rare species face serious threat of extinction and only few of them survive 



Pembahasan Soal Nomor 4

Soal nomor empat sebenarnya sama persis seperti soal nomor dua yang tadi sudah kita bahas. Kalimat yang ada di soal adalah jenis kalimat pasif yang memiliki struktur S + Aux + PSTPRTCPL + [by + O], sehingga kita bisa mengeliminasi opsi jawaban (C) yang tidak memiliki Auxiliary. Karena Subject earth surface merupakan uncountable Noun, kita tahu bahwa opsi (B) juga salah. Opsi (D) kurang tepat karena general fact seharusnya dinyatakan dengan Simple Present Tense dan bukan Simple Future Tense. Dengan demikian, jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah opsi (A). Yang perlu sobat waspadai dari contoh soal ini adalah frasa the majority yang bisa sangat mengecoh. Hanya karena ada keterangan "majority" pada Subject, bukan berarti itu adalah plural Subject. Subject kalimat adalah uncountable Noun, dan tetap dianggap sebagai singular Subject sebanyak apapun jumlahnya. Kalimat seharusnya ditulis sebagai berikut:   


The majority of earth surface is covered with water 



Pembahasan Soal Nomor 5

Soal nomor lima memiliki cara pengerjaan yang sama persis dengan soal nomor dua dan empat. Subject kalimat adalah uncountable Noun, dan kata kerja yang menyertainya harus bersesuaian. Karena kalimat rumpang tersebut membutuhkan sebuah kata kerja, kita bisa langsung mengeliminasi opsi (C). Opsi (D) juga salah karena general fact harus selalu dijelaskan dengan Simple Present Tense, bukan Present Continuous Tense. Opsi (A) juga kurang tepat karena kata kerja make up tidak bersesuaian dengan Subject kalimat merupakan uncountable Noun. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal tersebut adalah opsi (B). Kalimat secara lengkap ditulis sebagai berikut: 

Surface water only makes up a small proportion of all freshwater, but it serves most of our life's needs 



Pembahasan Soal Nomor 6 

Soal nomor enam sebenarnya sangat mudah ditebak, karena Subject menggunakan Determiner a yang mengindikasikan benda berjumlah satu. Kesalahan ada di opsi (B), karena kata kerja yang digunakan harusnya consists of, bukan consist of. Meski demikian, soal ini bisa jadi tricky bagi sebagian orang, karena kesalahan yang ada sebenarnya sangat sepele, yaitu tidak adanya infleksi -s pada kata kerja consist of. Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:

A healthy diet consists of some essential nutrients such as carbs, protein, fats, vitamins and minerals 



Pembahasan Soal Nomor 7

Soal nomor tujuh adalah salah satu jenis soal inversion yang sering membuat kita pusing. Bagaimana tidak, jika kalimat dalam bentuk S + V + Adjunct saja sudah bisa membuat kita berpikir keras, apa jadinya jika posisi Subject dan Verb mengalami inversi? Sobat yang mengikuti penjelasan saya sejak awal materi TOEFL Structure and Written Expression mungkin masih ingat beberapa alasan mengapa posisi Subject dan Verb bisa di-inverse. Salah satu alasan yang sebenarnya cukup jarang muncul di soal adalah adanya bentuk past participle di awal kalimat, seperti yang ada di contoh soal nomor tujuh. Past participle displayed at the National Archives Building adalah alasan mengapa Subject the Bill of Rights dan Verb are mengalami inversi.

Perlu diingat bahwa aturan Subject-Verb agreement akan tetap berlaku meskipun posisi Subject dan Verb di-inverse. Sobat juga harus ingat bahwa Subject kalimat tidak lagi ada di posisi awal kalimat, namun di tengah, tepat setelah kata kerja. Pada contoh soal di atas, Subject Bills of Rights yang merupakan singular Noun harusnya disandingkan dengan Verb is, bukan are seperti yang ada di opsi (B). Kalimat seharusnya ditulis sebagai berikut:

Displayed at the National Archives Building is the Bill of Rights, which comprises the first ten amendments of the US Constitution 

atau

The Bill of Rights, which comprises the first ten amendments of the US Constitution, is displayed at the National Archives Building 


Selain inversi posisi Subject dan Verb, sobat juga harus jeli menentukan Verb yang tepat untuk kalimat tersebut. Beberapa orang mungkin terkecoh dengan Subject the Bill of Rights yang sekilas terlihat seperti plural Noun karena memiliki infleksi -s, namun sebenarnya merupakan singular Noun. Ingat bahwa yang dijadikan pedoman untuk penggunaan kata kerja adalah kata yang ada sebelum Prepositional Phrase of rights, yaitu kata bill (undang-undang, yang jumlahnya hanya satu).



Pembahasan Soal Nomor 8

Contoh soal nomor delapan adalah salah satu soal yang tidak bisa dijelaskan dengan rumus, tapi bisa dengan mudah dihafalkan. Kesalahan gramatikal pada kalimat tersebut dapat ditemukan di opsi (A), karena Subject kalimat adalah singular Noun mathematics. Mungkin sobat bertanya-tanya, mengapa kata kata mathematics masuk ke dalam kategori singular Noun, sementara ada infleksi -s di akhir kata tersebut. Perlu diingat bahwa tidak semua kata berakhiran -s adalah plural Noun. Ada beberapa aturan pengecualian untuk beberapa kasus. Kata yang berkaitan dengan pengetahuan seperti mathematics, physics, economics, linguistics, politics masuk ke dalam kategori singular Noun meskipun ada infleksi -s di akhir kata. Kalimat di atas seharusnya ditulis sebagai berikut:

Mathematics is a compulsory subject that students have to learn at school 



Pembahasan Soal Nomor 9

Soal nomor sembilan berkaitan dengan Subject yang berbentuk fraction atau pecahan. Sobat harus jeli mengerjakan soal jenis ini, karena fraction bisa digunakan untuk plural Noun maupun uncountable Noun, yang tentu saja akan membutuhkan dua jenis kata kerja yang berbeda. Pada contoh soal nomor sembilan, kesalahan gramatikal ada di opsi (C). Subject kalimat adalah half of the world population, yang berarti lebih dari satu orang (ingat bahwa orang adalah countable Noun,  karena bisa dihitung per jiwa). Karena Subject kalimat merupakan plural Noun, maka kata kerja yang seharusnya digunakan adalah live, bukan lives. Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:

More than half of world population live in some of the most populous countries on earth 



Pembahasan Soal Nomor 10

Soal nomor sepuluh berkaitan dengan expression of numbers satu dari sekian banyak. Karena kita hanya membicarakan satu benda saja, berarti Subject kalimat berbentuk singular dan kata kerja yang muncul di Adjective Clause which promises high salary and career prospect juga harus bersesuaian. Kesalahan gramatikal ada di opsi (D). Kalimat tersebut seharusnya ditulis sebagai berikut:

Web developer is one of the most sought-after jobs which promises high salary and career prospect 


Demikianlah materi Subject-Verb agreement yang sering muncul di soal TOEFL Structure and Written Expression. Jika sobat masih memiliki pertanyaan mengenai materi di atas, silahkan bertanya di kolom komentar. Untuk membaca materi TOEFL Structure and Written sebelumnya, silahkan ikuti tautan berikut ini:

Materi TOEFL Structure and Written Expression - Determiners

No comments:

Post a comment