Pengalaman Mengambil Tes IELTS

Tes IELTS adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Tes IELTS sendiri saat ini banyak diminati karena telah dipercaya oleh berbagai institusi, terutama institusi pendidikan. IELTS menjadi prasyarat bagi mereka yang akan mendaftar beasiswa, mendaftar universitas, dan bahkan juga menjadi syarat visa application. Selama beberapa tahun mengajar IELTS, telah banyak pertanyaan yang muncul berkaitan dengan teknis tes itu sendiri. Di post ini saya akan sedikit berbagi pengalaman mengambil tes IELTS academic module di salah satu test center di Surabaya. Penjelasan akan diberikan berdasarkan tahap-tahap yang harus dilalui mulai proses pendaftaran hingga proses pengambilan sertifikat.


Online Registration dan Pembayaran


Step 1
 Mengecek Jadwal dan Test Center

Tahap pertama yang harus kita lalui adalah pendaftaran online, dimana pendaftaran akan dilakukan melalui web resmi tes center. Silahkan sobat cari dulu tes yang ditawarkan berdasarkan kota tempat sobat ingin mengambil tes. Katakanlah saya ingin mengambil tes di Surabaya, maka saya akan langsung scroll ke test center Surabaya. Sobat akan menemukan keterangan jadwal di sebelah kiri. Ada juga keterangan tentang metode pembayaran (jika mendaftar online). Jika sobat ingin mendaftar tidak melalui sistem online, sobat bisa langsung datang ke test center dan melakukan pendaftaran dan pembayaran secara manual. Di bawah ada keterangan mengenai kebijakan pendaftaran dari test center, silahkan sobat baca dengan seksama. Tampilan web pertama dapat sobat lihat di gambar berikut:

IELTS Online Registration
IELTS online registration

Silahkan sobat click di link Click here atau langsung klik kotak berwarna merah di sebelah kanan. Anda akan segera dibawa ke tahap selanjutnya, yakni memilih test center di kota terdekat. Tampilan web untuk memilih test center bisa sobat lihat di gambar berikut:

Choosing Test Center
Choosing Test Center


Step 2
Mengisi Formulir Registrasi

Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran. Siapkan data dan dokumen pribadi sobat seperti paspor atau KTP, pastikan semua informasi pribadi seperti nama, tempat tanggal lahir, NIK KTP atau nomor paspor dieja dengan benar karena informasi ini akan muncul di sertifikat IELTS sobat. Sebelum mengisi formulir registrasi, sobat akan diperlihatkan checklist hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan. Checklist dapat sobat lihat seperti gambar berikut:

Registration Checklist
Registration Checklist


Jika semua checklist sudah siap, sobat bisa langsung klik next saja untuk menuju ke tahap selanjutnya. Sobat akan sampai di tahap dimana sobat dapat memilih jadwal tes. Akan ada warna berbeda untuk Academic Module dan General Training. Pastikan sobat memilih jenis tes yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Jika sobat melihat kata closed, berarti tes untuk tanggal itu sudah penuh dan sobat harus mencari jadwal lain. Klik OK untuk menuju proses selanjutnya.

Step 3
Membuat Akun

Akun ini akan sobat gunakan untuk mengecek status pembayaran, melihat pemberitahuan mengenai tes, dsb. Silahkan buat akun baru jika belum punya silahkan buat akun dulu. Anda akan mulai dari tahap Candidate Details dimana sobat akan mengisi data pribadi seperti nama, alamat, nomor paspor atau NIK KTP dsb. Isi data dengan benar terutama yang bertanda asterisk. Jangan lupa bahwa ada beberapa ada informasi yang akan muncul di sertifikat IELTS anda seperti nama, tempat tanggal lahir, dan nomor identitias. Pastikan informasi ini terisi dengan benar.
Tahap selanjutnya adalah aplikasi details yang berkaitan dengan tes. Silahkan sobat isi dengan lengkap dan benar. Jika sobat ingin mengirimkan sertifikat ke institusi tertentu (misal, universitas yang mempersyaratkan sertifikat IELTS), sobat bisa memberikan keterangan di tahap Recognizing Organizations. Proses terakhir adalah Booking Summary dimana sobat akan mereview data yang sobat input di formulir, apakah sudah benar dan sesuai.

Step 4
Pembayaran

Karena ketika mengambil tes saya melakukan pembayaran dengan metode transfer bank, di postingan akan saya jelaskan metode pembayaran melalui transfer bank saja. Pada proses ini, sobat harus mentransfer test fee ke nomor rekening yang sudah ditentukan. Sobat hanya memiliki waktu sekitar 2 jam (saya tidak ingat pasti) untuk melakukan pembayaran terhitung sejak sobat selesai dengan pendfataran online. 

Biaya pendaftaran IELTS sendiri sebesar R p 2 . 8 5 0 . 0 0 0, 0 0 

Jangan lupa simpan receipt dari atm sebagai bukti pembayaran, just in case. Ketika uang sudah ditransfer, sobat dapat masuk ke akun yang sudah dibuat tadi untuk mengecek payment status. Jika sudah di approve, sobat akan mendapat receipt melalui email. Sebenarnya receipt tidak ditanyakan ketika test, karena data sobat sudah masuk ke database dan sobat hanya tinggal menunjukkan KTP atau paspor. Silahkan sobat simpan baik baik receipt ini, bisa juga di print just in case nanti dibutuhkan.

Saat ini sobat masuk tahap menunggu tes, silahkan belajar dan mempersiapkan diri lagi. Practice makes perfect. Setelah beberapa hari menunggu, sobat akan mendapat jadwal tes. Pastikan sobat terus mengecek email dan sms karena mungkin ada perubahan jadwal. Seperti yang terjadi pada saya. Tes IELTS dilaksanakan selalu pada hari Sabtu, namun di kasus saya, tes Speaking Section dilaksanakan hari Jumat siang. Tentu saja saya tidak bisa karena saya masih harus di kantor. Akhirnya saya mengontak staff test center melalui email untuk request ganti jadwal. Pada akhirnya, tes Speaking dilaksanakan tetap hari Jumat sore. Ingat, sobat harus keep in touch dengan staff jika ada keadaan mendesak seperti jadwal yang sedikit berbeda.


Test Date

Sobat lebih baik datang lebih awal, untuk mengantisipasi hal hal yang tidak terduga (ban bocor, salah jalan, dsb), karena jika datang terlambat, sobat tidak akan bisa ikut tes dan test fee tidak akan hangus.


Hari Pertama Tes Speaking

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, hari pertama (Jumat) saya lalui dengan mengambil tes Speaking. Saya tiba di test center pukul (sangat mepet, jangan ditiru) dan langsung menuju ke mbak mbak CS, bilang ada tes Speaking. Saat itu langsung diarahkan ke lantai dua. Setiba di lantai dua, saya disambut oleh mas mas IT yang segera mengecek kesesuaian paspor saya dan database. Staff IT tersebut lalu mengambil sidik jari dan meminta saya menunggu di ruang tunggu. Deg deg an? Enggak sih, biasa aja 😁

Tak berapa lama kemudian datanglah Pak interviewer, seorang bule yang super ramah memberitahukan bahwa tes bisa dimulai. Kami lalu pergi ke salah satu ruang wawancara. Tes Speaking adalah tes yang sangat casual dan santai (in my personal opinion), dan alhamdulillah saat itu berjalan lancar. Interviewer nya juga very kind jadi no pressure buat tes Speaking Section nya. Tes hari itu diakhiri dengan salam have a nice day dari si Mr. Interviewer.

Hari Kedua Tes Listening, Reading dan Writing

Di hari kedua tes (Sabtu), saya berangkat lebih awal dari sebelumnya. Pukul 7.30 saya sampai di test center (tes mulai sekitar pukul 09.00). Semua peserta tes disambut oleh pak satpam yang super ramah dan dipersilahkan duduk di ruang tunggu. Saya sudah sangat percaya diri menjadi test taker yang datang paling pagi. Ternyata dugaan saya salah, karena sudah banyak peserta yang datang untuk daftar ulang 😂

Lama menunggu dan saya mulai menyadari bahwa salah satu murid saya (saya sendiri adalah seorang trainer IELTS) juga mengambil tes pada hari itu. Jadi rikuh sendiri ambil tes bebarengan dengan student, meski ada baiknya juga karena jadi ada teman mengobrol. Setelah sekian lama menunggu, satu persatu peserta mulai diarahkan ke ruang tes lantai 2. Semua barang bawaan harus ditinggal di loker, kecuali paspor atau KTP tentunya.

Ketika sampai di lantai dua, peserta akan mengambil nomor tes dan dipindai sidik jarinya (karena saya sudah tes Speaking dan pindai sidik jari pada hari Jumat, saya tidak perlu pindai sidik jari lagi). Selain sidik jari, paspor/KTP kita juga diperiksa, sementara foto kita diambil. Foto ini akan muncul di sertifikat IELTS anda, jadi pakailah pakaian formal.

Selesai dengan proses ini, dimulailah tes IELTS Listening, Reading dan Writing. Selalu ada penjelasan singkat dari staff sebelum tes dimulai (mengenai peraturan, teknis, dsb) jadi saya rasa tidak perlu saya jelaskan lagi disini. Apakah deg deg an selama tes? Enggak sih, masih biasa aja 😁

Ada saatnya nanti saya akan merasa deg deg an, silahkan dibaca sampai akhir cerita*

Singkat cerita selesailah sudah tes IELTS saya. Ketika turun ke lobby, sobat akan diminta absen dan ditanya apakah akan mengambil sertifikat sendiri atau mau diantar. Saya putuskan untuk mengambil sendiri saja. Saat itu mbak staff juga mengingatkan bahwa sertifikat dapat diambil 13 hari setelah tes.

Fase Menunggu Skor IELTS

Jujur, karena ini adalah tes IELTS pertama saya, saya kurang bisa relate ke perasaan deg deg an yang umum dirasakan saat tes. Saya masih kurang tahu deg deg an nya di sebelah mana. But we will find out soon. Saya terus menunggu dengan biasa saja, dan setelah 13 hari, tibalah saatnya untuk meluncur ke test center mengambil sertifikat. Saya tidak mengecek hasil skor secara online karena saya khawatir akan ruin the element of surprise. Jadi saya tunggu saja sampai saya ambil sendiri sertifikatnya.

Saya langsung menuju mas mas mbak mbak staff yang duduk di bagian Customer Service untuk menanyakan nasib sertifikat saya. Setelah memberikan informasi data diri, mas nya langsung mencarikan sertifikat tersebut. Karena sudah penasaran, saya langsung duduk di kursi lobby untuk melihat hasilnya. Betapa groginya (akhinrya sampai juga di faase deg deg an) ketika pertama kali membuka segel an sertifikat itu. Setelah kubuka amplopnya dan kuambil sertifikatnya, ternyata

J r e e e e e n g....

Gak ada apa apa sih cuma skor nya alhamdulillah bagus sesuai persyaratan universitas 😁

Saya lebih deg deg an karena murid saya (yang tadi itu, yang tes bareng saya) juga sedang mengambil sertifikatnya. Ikut sport jantung juga karena role nya dulu sebagai trainer IELTS dia for quite some time. Tapi alhamdulillah skor si student juga memuaskan, bahkan sangat tinggi di luar perkiraan 😎

Begitulah pengalaman saya mengambil tes IELTS untuk pertama kalinya di Surabaya, semoga bermanfaat. Bagi sobat yang akan mengambil tes IELTS juga saya doakan semua lancar dan mendapat skor yang diharapkan. God Bless!

Author's Note



  • Penulisan artikel ini hanya ditujukan untuk information sharing, bukan untuk promosi apapun



  • Gambar diambil dari web resmi salah satu test center. Nama test center saya sensor agar tidak dikira promosi

  • Ini adalah pengalaman pribadi, tidak untuk mewakili institusi manapun

  • Keterangan lebih lengkap silahkan baca dan pahami ToS dan Disclaimer kami


Untuk free IELTS material silahkan klik link berikut

SIMPLE YET POWERFUL TEMPLATE FOR IELTS WRITING TASK 1 (ENGLISH VERSION)

The third section of IELTS test is the Writing Section which is divided into two different Tasks, namely Task 1 and Task 2. In Writing Task 1, the test takers will have to explain a graph or chart and write at least 150 words. Meanwhile, Writing Task 2 will require the test takers to write an argumentative writing that contains at least 250 words.

There are four points that we need to present in our Writing Task 1, which are:

1. Overview (giving a very general explanation)

2. Explaining the main features (such as year, percentage, etc)

3.Explaining the major trend

4. Giving detailed explanation 

Note
We have to note that Writing Task 1 will be very very objective, which means that we cannot include any information that are not presented by the graph.

In point 1-3 (paragraph 1), we will explain the graph in a very general sense. Do not include percentage, explanation about the increase and decrease, etc. because these are two specific to be included in paragraph 1. The detailed explanation will be covered in point 4 (paragraph 2 and 3).

Doing IELTS Writing Task 1 Step by Step

Let's take a look at this example

IELTS writing task 1 bar graph

1. Make An Overview by Introducing The Graph and Paraphrasing The Original Title

We can introduce the sample graph above by writing:

The bar graph shows / presents / indicates / depicts / explains / illustrates, etc. Remember that all words typed in bold actually have the same meaning. This is a paraphrasing whose aim is to help you demonstrate your vocabulary range and accuracy. If you already use the word "show" in the first paragraph, then do not use it again in the next paragraph. Do not use the same word over and over again because it will decrease your score.

After introducing the graph, you need to paraphrase the original title Different types of transportation chosen to go to work and return from work in one European city” by:

a. Changing certain words with other words that have the same meaning


b. Changing the grammatical structure of the sentence


For example:

Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe

If you feel it difficult to do it at once, you can practice by doing it step by step using the paraphrase inventory:


Original Title
Paraphrase
Different
Various, several
Type
Modes, means, methods
Transportation
Vehicle, transport
Chosen
Used, taken
To go to and return from, to commute to and from work
To travel and from work
In one European City
In a City of Europe

Besides replacing certain words, you can also change the structure of a sentence in the title:

1. Changing to infinitive phrase to gerund phrase (a)


2. Changing Noun phrase Adj+N (such as European City, Beautiful girl)into Noun of Noun (such as City of Europe, Girl of beauty).(b) 


3. Changing an active sentence into a passive sentence or vice versa



Grammar
Passive voice is the opposite of active voice, in which the object becomes the center of the discussion. Active voice concerns more about the Subject of a sentence. Take a look at this example:

(a)   Active Voice
Andy takes the book from the shelve (active voice)

The sentence has a structure consisting of S+V+ Noun Phrase (as an Object) + Prepositional Phrase


Andy (S) takes (V) the book (O) from the shelve (Prepositional Phrase)

Take a note that the Subject is always in the initial position of an active sentence

(b)   Passive Voice
The book is taken by Andy from the library

The object that is actually located in the middle of the sentence is switched so that it becomes in the initial position. The structure of the sentence becomes O + to be + Past Participle (V3) + [by + S], in which the [by + S] is optional (can be omitted). Hence the sentence is described as follows:


The book (O) is (to be) taken (V3) by (by) Andy (S) from the library (Prepositional Phrase), atau The book (O) is (to be) taken (V3) from the library (Prepositional Phrase)

or

The book (O) is (to be) taken (V3) from the library (Prepositional Phrase)


In the sample graph, the active and passive sentence will be:


The bar graph describes various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe (active)

Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe are described by the bar graph (passive)





2. Explain All Main Features in The Graph





From the sample graph, it can be seen that there are three features that need to be explained, namely types of transport, year, and percentage of users, and hence we write:


There are four means of transport presented in the graph which are bus, car, subway, and train along with the percentage of their users in 1960, 1980, and 2000.

Note:  There are several words that are paraphrased here, such as “describe” that now becomes“present”, “types” that now becomes“means” and "commuters" that now becomes“users”



3. Explain The Main Trend of The Graph


Main trend will help you to divide the paragraph two and three. The trend is usually divided into two different trends to organize the date into two different clusters. The sample graph has two different trends, namely constant and fluctuating, thus we write it as follows:



Bus and car percentages were constant in which the passengers of bus constantly decreased while car users constantly increased. The percentage of people using train and subway were both fluctuating.


4. Giving Detailed Explanation

After dividing the data based on major trend, we can use the division of the data in the second and third paragraph. The second paragraph will then concern the bus and car (constant trend) while the third paragraph will concern subway and train (fluctuating trend). There are several points that need to be explained in the fourth point of Writing Task 1, explained as follows:



a. Starting point

This is where a data starts. In the sample graph, the data starts from the year of 1960. Here is how we should explain the starting point:



The bus started from a higher point of around 39% in 1960.


Note: Do not write the year in the same style because monotonous use of words and sentence structure will decrease your score related to complexity. Paraphrase the year:


1960: In the beginning of the period, in the first period, in 1960, in the year of 1960


1980: In the second period, in the following year, 20 years later, in 1980, in the year of 1980


2000: At the end of the period, in the last period, in the third period, 40 years later, in 2000, in the year of 2000



b. Increase and Decrease

Data always experience increase and decrease, and it is really important that we explain the most interesting these changes as it is presented in the data. There are two ways to do this:



1. Point achieved by the data

Bus finally reached the lowest point of approximately 15% at the end of the period.



2. The difference
Car started from the lowest point but then experienced/witnessed 29% increase.




Note
There are several words that can paraphrase the words increase and decrease, such as:


Increase: incline, level up, upgrade, experience a growth, rise, jump, etc.

Decrease: decline, fall, go down, degrade, etc.

Stagnant: Level off, do not undergo any change, experience little/no change etc.



c. Different level of increase and decrease
Sometimes, certain data will experience a drastic change. But there are several cases in which they have slight change. This point is also necessarily explained.

1. If the change is significant:
Significantly, drastically, dramatically, strikingly, etc.

2. If the change is insignificant:
Slightly, marginally, insignificantly, dst.


Catatan
Approximation
There are several chances in which a data will be between two different points (like in the middle of 10 and 20), so it is more difficult for us to decide what exact figure it actually is. In this case, we should use words such as:
of about, of around, approximately, etc. 

Let's take a look at this example



It experienced 14% growth in the following year and eventually reached its peak point of approximately 37% at the end of the period.

Exact Figure

If the data is an exact number and not an approximate, we can use several words such as:
Represent, account for, comprise of, contribute, etc.

Let's take a look at these examples:

Bus kept degrading over years and reached the lowest point in 2000 that accounts for 15% only.
ataupun selisih dari satu data dan data yang lain
The percentage of bus users experience a significant decline comprising of 12% in the second period




d. Ending Point

Ending point explains the last point achieved by a data, usually signaled by words such as "finally" or "eventually". Let's take a look at this example:



The bus started from a higher point of around 39% in 1960. The percentage of commuters taking bus experienced 12% decrease from 1980 to 2000, and finally reached the lowest percentage of around 15% at the end of the period.


Here is an example of Writing Task 1 for the sample Bar Graph:




Task 1 Sample - Bar Graph



The bar graph indicates various types of transport used for commuting to and from work in a city in Europe. There are four means of transport presented in the graph along with the percentage of their users in 1960, 1980, and 2000. Bus and car percentages were constant in which the passengers of bus constantly decreased while car users constantly increased. The percentage of people using train and subway were both fluctuating.



The percentage of car drivers started from the lowest point of all existing figure, comprising of 9% in the year of 1960. It experienced 14% growth in the following year and eventually reached its peak point of approximately 37% at the end of the period. Bus, however, had the opposite pattern in which it started from the highest point of approximately 48% and gradually degraded and ended up contributing only 15% at the end of the period.


The percentage of commuters taking train and tube underwent ups and downs and the change from year to year was not very significant. Train started from less than 19% in 1960, and slightly increased and almost reached 27% in 1980. However, the percentage downgraded again in 2000. Subway experienced 10% decrease but eventually climbed up and reached 26% in the year of 1980. In summary, people’s preference in different modes of transportation changed over year, whether it kept decreasing, increasing or fluctuating.




For Exercise on Writing Task 1, please visit this link





For Material on IELTS Writing Task 2, please visit this link