Writing Task 2 (Revised)

Pada IELTS Writing Task 2, anda harus menulis argumentative writing berdasarkan topik yang telah ditentukan. Setidaknya ada 5 poin yang harus anda cover dalam Writing Task 2, diantaranya:

1.Overview (memberikan gambaran umum dengan memparafrasa judul asli dan membahas poin-poin penting dalam topik) 


2.Stating basis of argument (menentukan dasar argumen anda) 

3.Giving balanced argument (memberikan argumen yang berimbang) 


4.Explaining your own argument (menjelaskan argumen anda) 


5.Conclusion and solution (memberikan kesimpulan dan solusi)

Langkah-langkah Mengerjakan IELTS Writing Task 2Mari kita ambil satu contoh topik yang diberikan di Writing Task 2


Computer and internet help people in nearly all aspects of life. However, the use of computer and internet also gives negative impacts on humans’ social life

To what extent do you agree with this notion?


1. Overview (Pendahuluan)
Berikan gambaran umum dengan memparaphrase topik dan sertakan keterangan bagi poin-poin penting di topik utama. Ada dua poin penting yan harus kita bahas disini yakni:
a.Technology and its development
b.The impact of technology on our social life

Computer and internet technology keeps developing and its advancement contributes has changed the way people live. One of many changes brought by computers is related to humans’ social life, and it is believed that the development of technology has made people become less sociable.
Jika anda merasa kesulitan mem-paraphrase topic tersebut, anda bisa menggunakan paraphrase inventory dan mem-paraphrase topic tersebut kata per kata atau frasa per frasa.


Kata dari Topik Asli
Paraphrase
Computer and internet
Computer and internet technology
Help
Assist, contribute
People
Society, members of society
Aspects of life
Life aspects
The use of computer and internet
Computer and internet use
Gives negative impacts
Has negative sides, has negative influence


2. Stating Basis of Argument (Menjelaskan Dasar Argument)
Jelaskan dasar argument anda dengan mengacu kepada pertanyaan yang menyertai topik utama. Pada contoh diatas, pertanyaan yang menyertai topik utama adalah to what extent do you agree with this notion? yang berarti anda harus menjelaskan seberapa setuju anda dengan pendapat diatas. Pertanyaan yang sering muncul menyertai topik dijabarkan sebagai berikut:

a. Agree / disagree
Misal: To what extent do you agree with this notion?
b. Harms / benefits
Misal: Discuss both sides and give your opinion
c. Advantage / disadvantage
Misal: Discuss the advantages and disadvantages of using smartphone
d. Positive / negative impact or effect
Discuss the positive and negative impacts of celebrity culture on youth and give solutions for the problems
e. Open questions yang biasanya mencakup What, Why dan How

Misal:
 - What precautions can be taken to reduce the stress level in working environment?
- Why some teenagers are so concerned with their body image and have a low self-esteem
- How can we solve problems regarding the increasing number of early age pregnancy?

Pertanyaan atau perintah ini memberikan kesempatan bagi peserta tes untuk memilih dasar argumen mereka dan meberikan penjelasan yang komprehensif dengan menyertakan alasan dan juga contoh. Pada contoh topik mengenai teknologi dan kehidupan sosial diatas, kita dapat menyatakan dasar argument sebagai berikut:
Despite the common view that internet gives a lot of positive impact on many aspects of life, I personally agree with the notion that technology also deprive people’s social life.

Catatan
Dalam beberapa kasus, penulis juga menjelaskan alur penulisannya dan memberikan gambaran umum tentang apa yang akan disampaikan di tulisan tersebut, missal:
This writing aims to underline the negative impacts of technology on human’s social life by giving some examples and reasons.
Meski demikian, ada beberapa perbedaan pendapat tentang penggunaan cara ini. Ada beberapa pengajar yang menyarankan anda untuk menggunakannya, namun tak sedikit pula yang menyarankan anda untuk tetap on point.
Penilaian writing sendiri dilakukan oleh assessor dan tidak bisa dipungkiri bahwa setiap assessor akan memiliki pertimbangan sendiri, meskipun sudah ada guideline tentang kriteria sebuah tulisan yang baik.


3. Giving Balanced Argument (Memberikan Argumen Berimbang)
Dalam memberikan argumen, tidak dapat dipungkiri bahwa kita kadang harus memberikan penilaian objektif dengan melibatkan second opinion, meskipun kita memiliki argument dan sudut pandang sendiri. Ada beberapa pendapat berbeda mengenai penggunaan balanced argument. Ada yang menyarankan untuk fokus pada argument sendiri dan tidak usah menggunakan balanced argument untuk memperjelas stance kita pada suatu topik. Namun, ada juga yang menyarankan penggunaannya karena balanced argument akan membantu anda memenuhi syarat 250 kata dan membuat argument anda lebih objektif. Meski menggunakan balanced argument, sebenarnya kita tidak perlu khawatir ide kita akan meluber dan menjadi tidak relevan, selama kita menempatkan balanced argument dengan benar. Penempatan balanced argument biasanya berada sebelum argumen anda semua, karena kita ingin memberikan penekanan dengan cara menentang argumen yang ada. Penekanan ini juga dilakukan dengan penggunaan kalimat hubung yang biasanya mengkontraskan balanced argument dan argumen anda.
Untuk topik diatas, kita dapat memberikan balanced argument:
Some people believe that internet and technology are essential for making contact with people, especially when communication has to face problems regarding geographical boundaries and thus requires cost and time. Satu kalimat ini sudah cukup untuk menjadi ide utama paragraf, namun kita masih perlu memberikan contoh dan juga alasan. Balanced argument ini akan menjadi paragraf kedua tulisan anda.

Antara paragraf 2 (balanced argument) dan paragraf 3 (your argument), perlu ada sebuah contrasting sentence yang menjelaskan perbedaan pendapat dan memberikan penekanan pada argument anda. Ada du acara membuat contrasting sentence.

a.Pertama, anda dapat menggunakan contrasting words seperti however, despite, in spite of, on the other hand, in contrary, dst.

b.Dengan menggunakan ungkapan (expression) seperti
·         The positive and negative impact of technology are like the two sides of a coin
·   The positive impact of technology always comes with a price


4. Explaining Your Own Argument (Menjelaskan Argumen Anda)
Disinilah anda akan menjelaskan argumen anda sendiri, tentu saja dengan disertai dengan contoh dan juga alasan. Sebelum memberikan penjelasan, anda perlu memberikan contrasting sentence dengan menggunakan contrasting words atau expression seperti yang dicontohkan diatas. Agar lebih komprehensif dan mencapai target 250 kata, berikanlah minimal tiga contoh dan alasan.

Catatan
Dalam writing task 2, topic yang digunakan bersifat acak dan tidak selalu berkaitan dengan topik yang familiar. Ada beberapa topic yang sangat sulit atau bersifat abstrak seperti “definition of happiness” atau “the negative impact of excessive materialism” yang pasti akan sulit jika kita hanya berkutat pada sesuatu yang bersifat konseptual. Hal ini lah yang membuat kita perlu memberikan contoh yang bersifat konkret agar lebih mudah menjelaskan alasan argument anda. 

5. Conclusion and Solution (Kesimpulan dan Solusi)
Langkah terakhir dari writing task 2 adalah merumuskan kesimpulan dan saran. Disini kita akan memberikan ringkasan dari penjelasan yang sudah anda berikan. Dalam beberapa contoh, kita juga perlu memberikan solusi yang merupakan jalan tengah dari dua pendapat yang berbeda, yakni balanced argument dan argumen kita sendiri. Kesimpulan dapat ditulis dalam satu kalimat dan dapat dijadikan satu dengan paragraf tiga, meskipun bisa ditulis di paragraf baru. Untuk contoh topik diatas, kita dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut:
In conclusion, computer brings about so many improvements in many life aspects, but it can also make people isolated and less sociable and thus has to be used more wisely.

Writing Task 2 secara keseluruhan dapat ditulis sebagai berikut:
Task 2 – Computer and Social Life
Computer and internet technology keeps developing and its advancement contribute a great deal of changes in humans’ life. One of many changes brought by computers is related to humans’ communication in which the interaction can now be mediated by internet and social media. I personally agree with the idea that computer can make people isolated and less sociable because really has a negative impact resulting in addiction and ignorance.
Some people believe that internet and technology are essential for making contact with people, especially when communication has to face problems regarding geographical boundaries and thus requires cost and time. People now communicate more easily because problems regarding distance have been overcome by internet. Some people even do business make social networking by using internet. This sophisticated technology also helps humans connected to each other and influence society in a more positive way. For example, there are now a lot of charity and support programs held by the help of internet.
However, such improvement has to come with a price because computer also has negative effects on human social life. People now communicate in a virtual world and sometimes they ignore people around them. People no longer talk in a real sense but instead, keep staring at and tapping on their gadgets. Computer also causes addiction, in which the user may not be able to stop using the device. For instance, a friend of mine is severely addicted to online game, and if he cannot use the computer and play the game, he will start becoming unsettled. Such habit can make people become more isolated from the real world and therefore have a bad social life. In conclusion, computer brings about so many improvements in many life aspects, but it can also make people isolated and less sociable and thus has to be used more wisely.

-Ross


No comments:

Post a Comment