IELTS Writing Task 1 (Revised)

Section ketiga di dalam tes IELTS adalah Writing Section yang dibagi menjadi 2 Task, yaitu Task 1 dan Task 2. Di Writing Task 1, peserta akan menjelaskan data dalam bentuk grafik atau gambar, baik yang berupa single data maupun combined data dan menulis setidaknya 150 kata. Sedangkan pada Writing Task 2, peserta akan menulis sebuah argumentative writing dimana sebuah topik akan diberikan dan peserta akan diminta menulis essay sebanyak 250 kata.

Writing Task 1Ada setidaknya 4 poin penting yang harus dicover oleh tulisan anda di IELTS Writing Task 1, yaitu:

1. Overview (memberikan gambaran umum grafik atau gambar)

2. Explaining all existing variables (menjelaskan variabel yang ada)

3.Explaining the major trend or features (menjelaskan data berdasarkan tren)

4. Giving detailed explanation (menjelaskan data secara mendetail)
 

Catatan
 Perlu diingat bahwa di Writing Task 1, tulisan anda harus sangat objektif dan tidak boleh ada informasi yang berasa dari luar data atau informasi yang sama sekali tidak berkaitan dengan data yang ada.
Pada poin 1-3 Writing Task 1, anda hanya menjelaskan data yang ada secara umum tanpa memberikan keterangan spesifik seperti angka, presentase, naik turunnya sebuah variabel, dan sebagainya. Yang harus anda berikan adalah gambaran umum dari data yang ada
Keterangan yang bersifat mendetail akan anda berikan di poin ke empat


Langkah-langkah Mengerjakan IELTS Writing Task 1
Mari kita ambil contoh dari Bar Graph berikut

IELTS writing task 1 bar graph

1. Buat lah sebuah overview dengan memperkenalkan grafik atau gambar dan memparafrasa judul asli grafik atau gambar tersebut

Dari grafik diatas misalnya, kita harus memperkenalkannya terlebih dahulu dengan menulis:

The bar graph shows / presents / indicates / depicts / explains / illustrates, dst. Ingat bahwa semua kata bercetak tebal memiliki arti yang sama yakni “menyajikan”. Ini adalah langkah paraphrase untuk membuat kosakata anda lebih beragam dan dengan demikian mendapat skor tertinggi untuk task list “vocabulary range”. Jika anda sudah menggunakan kata “shows” pada paragraf pertama, jangan gunakan kata yang sama pada paragraf kedua, namun ganti lah dengan kata lain yang memiliki arti yang sama.

Setelah memperkenalkan grafik atau gambar, anda harus memparafrasa judul asli “Different types of transportation chosen to go to work and return from work in one European city” dengan cara:
a.  Mengganti setiap kata dengan kata lain yang artinya sama atau mendekati
b.  Mengganti struktur grammar yang ada

Contoh: Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe

Jika anda merasa kesulitan mem-paraphrase judul tersebut sekaligus, anda bisa melakukannya kata per kata atau frasa per frasa dengan membuat sebuah paraphrase inventory:

Kata dari Judul Asli
Paraphrase
Different
Various, several
Type
Modes, means, methods
Transportation
Vehicle, transport
Chosen
Used, taken
To go to and return from, to commute to and from work
To travel and from work
In one European City
In a City of Europe

Selain dengan mengganti kata, anda juga bisa merubah susunan dari kalimat judul tersebut, misalnya:
§   Mengganti frasa to infinitive dengan frasa gerund (a)
§ Mengganti Noun phrase (frasa benda) dari yang sebelumnya berupa Adj+N (European City, Beautiful girl) menjadi Noun of Noun (b) (City of Europe, Girl of beauty).
Various types of vehicle chosen to go to and return (a) from work in a European City (b)
Various types of vehicle chosen for travelling to and returning (a) from work in a City of Europe (b)
§  Merubah sebuah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe is described by the bar graph
§  Merubah kalimat pasif menjadi aktif

Sekilas Grammar
Kalimat pasif (passive voice) adalah kebalikan dari kalimat aktif (active voice). Kalimat aktif memberikan penekanan terhadap Subjek kalimat sehingga kalimat pasif menekankan pada Objek dalam sebuah kalimat. Perhatikan contoh berikut:

(a)   Active Voice
Contoh: Andy takes the book from the shelve (active voice)
Susunan dari kalimat aktif biasanya diawali dengan Subjek dan Verb. Susunan dari contoh kalimat diatas adalah S+V+ Noun Phrase (as an Object) + Prepositional Phrase
Andy (S) takes (V) the book (O) from the shelve (Prepositional Phrase)
Perhatikan bahwa Subjek pada kalimat aktif selalu berada di awal kalimat!

(b)   Passive Voice
Contoh: The book is taken by Andy from the library
Jika anda perhatikan, objek yang sebelumnya ada di tengah kalimat sekarang berpindah ke depan, karena kalimat pasif memang memberikan di objek. Susunan kalimat yang umum digunakan untuk passive voice sendiri adalah O + to be + Past Participle (V3) + [by + S], dimana by dan S sebenarnya dapat dihilangkan sehingga menjadi The book is taken from the library (tanpa by Andy). Susunan kalimat diatas dapat dijabarkan sebagai berikut:
The book (O) is (to be) taken (V3) by (by) Andy (S) from the library (Prepositional Phrase), atau The book (O) is (to be) taken (V3) from the library (Prepositional Phrase)


The book (O) is (to be) taken (V3) from the library (Prepositional Phrase)


Pada contoh grafik diatas maka kalimat aktif pasif menjadi:


The bar graph describes various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe (active)

Various types of vehicle chosen to go to and return from work in a City of Europe are described by the bar graph (passive)

 2. Jelaskanlah semua variabel yang ada di grafik atau gambar
Dari contoh bar graph diatas, dapat disimpulkan bahwa ada tiga variabel yang harus dijelaskan yaitu types of transport, year, dan percentage of users, maka:


There are four means of transport presented in the graph which are bus, car, subway, and train along with the percentage of their users in 1960, 1980, and 2000.

Catatan: Perlu diingat bahwa penggunaan kata yang sama akan mengurangi skor anda. Itu lah alasan mengapa kata “describe” yang ada di judul diganti menjadi “present” di poin kedua, kata “types” dirubah menjadi “means” dan kata commuters diganti menjadi “users”
  

 3. Jelaskan main trend atau main features di grafik atau gambar
Main trend atau features dapat diartikan sebagai ciri atau perubaan yang paling menarik dari suatu grafik atau gambar. Main trend dapat dijelaskan dengan sangat umum dan bertujuan untuk membagi data yang ada menjadi dua cluster besar. Hal ini bertujuan untuk membuat tulisan menjadi well-structured dan mempermudah anda menjelaskan data yang ada dengan lebih spesifik.
Contoh:
Dari grafik diatas, dapat disimpulkan bahwa data yang ada dapat dibagi menjadi dua kelompok besar yaitu data yang bersifat constant dan data yang bersifat fluktuatif, maka:
Bus and car percentages were constant in which the passengers of bus constantly decreased while car users constantly increased. The percentage of people using train and subway were both fluctuating and experienced ups and downs.

4. Memberikan informasi secara mendetail
Setelah memberikan penjelasan tentang main trends atau main features, anda dapat memberikan detailed explanation dengan menggunakan pembagian yang sudah dilakukan di poin ketiga. Dari pembagian tersebut, anda dapat membuat dua paragraf untuk menjelaskan poin ke-4 yang terdiri dari satu paragraf data yang memiliki tren constant dan satu paragraf data dengan tren fluctuating. Dengan demikian, paragraf kedua dari tulisan anda akan menjelaskan bus and car, sementara paragraf ketiga akan menyajikan informasi mengenai train and subway. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda mengerjakan poin ke-4 Writing Task 1, yaitu:

a.      Starting point
Yang dimaksud dengan starting point disini adalah titik awal sebuah data. Pada contoh diatas, titik awal data berada tahun 1960. Berikut contoh penulisan informasi data berdasarkan starting pointnya:
The bus started from a higher point of around 39% in 1960.

 Catatan: Jangan menuliskan tahun secara monoton, karena penggunaan kata atau struktur kalimat yang berulang-ulang akan membuat skor anda menjadi sangat rendah, meskipun anda telah mampu menjelaskan data dengan baik dan akurat. Variasikanlah penggunaan keterangan tahun dengan memparafrasa, misal:
1960: In the beginning of the period, in the first period, in 1960, in the year of 1960
1980: In the second period, in the following year, 20 years later, in 1980, in the year of 1980
2000: At the end of the period, in the third period, 40 years later, in 2000, in the year of 2000
Dsb.


b.      Increase and Decrease
Dalam sebuah grafik, seuatu data akan mengalami kenaikan dan penurunan, dan hal ini harus dijelaskan dengan terperinci. Dari contoh diagram batang diatas, dapat kita lihat bahwa presentase pengguna bis selalu berkurang dari tahun ke tahun, sedangkan jumlah pengguna mobil terus bertambah. Untuk menjelaskan perubahan jumlah pengguna masing-masing kendaraan, kita dapat merujuk pada:
·         Point pencapaian suatu data
Misalnya: Bis mencapai titik terendah pada tahun 2000 dengan hanya memiliki 15% pada tahun 2000, sehingga kita dapat memberikan keterangan: Bus finally reached the lowest point of approximately 15% at the end of the period.
·         Selisih dari data pada satu tahun dan tahun yang lainnya
Catatan
Ada beberapa yang dapat digunakan untuk memparafrasa kata “increase” dan “decrease”
Increase: incline, level up, upgrade, experience a growth, rise, jump, dst.
Decrease: decline, fall, go down, degrade, dst.
Stagnant: Level off, do not undergo any change, experience little/no change dst.

Misalnya: Bis mengalami penurunan presentase jumlah pengguna dari tahun 1980 ke tahun 2000 sebesar 12%, sehingga kita dapat memberikan keterangan: The percentage of commuters taking bus experienced 12% decrease from 1980 to 2000.

c.       Keterangan mengenai increase dan decrease
Adakalanya sebuah data mengalami perubahan yang drastis, atau mungkin hanya mengalami sedikit perubahan. Hal ini juga penting dijelaskan di point ke-4 writing task 1. Berikut beberapa cara untuk menjelaskan perubahan sebuah 

Jika perubahannya besar:
Significantly, drastically, dramatically, strikingly, dsb.

Jika perubahannya kecil:
Slightly, marginally, insignificantly, dst.

Catatan
Salah satu tantangn dalam mengerjakan Task 1 yang berisi keterangan berupa angka adalah mencari padanan kata “sebanyak” dalam Bahasa Inggris. Ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang berarti sebanyak namun jarang diketahui oleh test takers, diantaranya:
Represent, account for, comprise of, contribute, dst.
Kata ini sendiri digunakan untuk menjelaskan titik yang dicapai suatu data, misal:
Bus kept degrading over years and reached the lowest point in 2000 that accounts for 15% only.
ataupun selisih dari satu data dan data yang lain
The percentage of bus users experience a significant decline comprising of 12% in the second period


d.      Ending Point
Ending point menjelaskan titik terakhir yang dicapai oleh suatu data, dan biasanya ditandai dengan penggunaan kata finally atau eventually. Misal, jika kita menjelaskan data presentase pengguna bis dari tahun ke tahun:
The bus started from a higher point of around 39% in 1960. The percentage of commuters taking bus experienced 12% decrease from 1980 to 2000, and finally reached the lowest percentage of around 15% at the end of the period.


Berikut ini adalah contoh penulisan Task 1 secara lengkap:
Task 1 - Bar graph
The bar graph indicates various types of transport used for commuting to and from work in a city in Europe. There are four means of transport presented in the graph which are bus, car, subway, and train along with the percentage of their users in 1960, 1980, and 2000. Bus and car percentages were constant in which the passengers of bus constantly decreased while car users constantly increased. The percentage of people using train and subway were both fluctuating and experienced ups and downs.



The percentage of car drivers started from the lowest point of all existing figure, comprising of 9% in the year of 1960. It experienced 14% growth in the following year and eventually reached its peak point of approximately 37% at the end of the period. Bus, however, had the opposite pattern in which it started from the highest point of approximately 48% and gradually degraded and ended up contributing only 15% at the end of the period.



The percentage of commuters taking train and tube underwent ups and downs and the change from year to year was not very significant. Train started from less than 19% in 1960, and slightly increased and almost reached 27% in 1980. However, the percentage downgraded again in 2000. Subway experienced 10% decrease but eventually climbed up and reached 26% in the year of 1980. In summary, people’s preference in different modes of transportation changed over year, whether it kept decreasing, increasing or fluctuating.

Catatan
Dalam beberapa kasus, ada poin sebuah data yang terletak ditengah-tengah suatu value sehingga kita tidak dapat memastikan nilainya. Sebagai contoh, presentase bus di tahun 1960 berada diantara 30% dan 40% dan cukup sulit menentukan nilai pastinya secara visual. Dalam hal ini, kita akan memerlukan kata bantu untuk menjelaskan pendekatan. Ada beberapa kata yang dapat digunakan untuk menjelaskan sebuah pendekatan, diantaranya:
Of around, of about, estimated, approximately, dsb.

Catatan
Saat mengerjakan sebuah grafik yang memiliki variabel tahun, kita harus berhati-hati dalam penggunaan tenses. Pada contoh diagram batang diatas, semua Verb menggunakan Past Tense karena grafik menyajikan data tahun 1960, 1980, dan 2000. Ada beberapa kemungkinan penggunaan Tenses dalam writing task 1, diantaranya:

Past Tense: Jika grafik menyajikan data yang telah diambil di masa lampau
Misal: Bus experienced a gradual decrease in the year of 1960, 1980, and 2000

Present Tense: Jika grafik menyajikan data yang diambil pada masa sekarang atau data yang tidak memberikan keterangan tentang tahun/waktu
Misal: The percentage of the users of public transport fluctuates over years

Future Tense: Jika grafik menyajikan suatu data yang masih berupa prediksi atau perkiraan, yang biasanya ditandai dengan kata predicted, projected, estimated, atau penggunaan Verb Future Tense.
Misal: The number of people having private vehicles is predicted to reach its peak point in the year of 2020, atau
The consumption of fuel energy will undergo a significant increase due to the rapid growth of private transportation. 

For Exercise on Writing Task 1, please visit this link
Exercise on Task 1

For Material on IELTS Writing Task 2, please visit this link

Material on IELTS Writing Task 2

-Ross

Artikel sudah mengalami perbaikan dan pembaharuan, silahkan akses artikel terbaru mengenai IELTS Writing Task 1 di sini


Baca juga tips-tips pengerjaan soal-soal tes IELTS di sini

No comments:

Post a Comment