BERBAGAI JENIS SOAL STRUCTURE DI TOEFL DAN ELPT

Apa itu ELPT?

TOEFL adalah jenis tes kemampuan Bahasa Inggris yang paling umum di Indonesia. TOEFL sendiri banyak diadaptasi oleh berbagai institusi, seperti kampus yang menjadikan adaptasi tes TOEFL sebagai syarat kelulusan atau sidang. ELPT adalah salah satu adaptasi TOEFL yang banyak digunakan untuk standard kelulusan mahasiswa. 

Seperti hal nya tes TOEFL, ELPT memiliki tiga part yaitu:

a. Listening Comprehension 

b. Structure and Written Expression

c. Reading Comprehension

Dimana setiap jenis soal akan memiliki tantangan, strategi pengerjaan, serta tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jika dibandingkan dengan dua part yang lainnya, Listening Comprehension adalah part penyumbang skor tertinggi, karena satu jawaban benar pada soal Listening Comprehension menyumbang 3 poin, sedangkan satu jawaban benar Reading Comprehension hanya menyumbang 2 poin dan satu jawaban benar Structure and Written Expression hanya menyumbang satu poin. Oleh karena itu, kita perlu memaksimalkan part Listening Comprehension  agar dapat mencapai skor tinggi.




"Listening Comprehension adalah part yang menyumbang poin tertinggi di ELPT dan oleh karenanya, harus dikerjakan dengan semaksimal mungkin"


Alokasi waktu pengerjaan ELPT sendiri dapat digambarkan sebagai berikut:

  • Listening Comprehension yang terdiri dari 50 soal dan berlangsung selama 40 menit

  • Structure and written expression terdiri dari 40 soal dan harus dikerjakan selama 25 menit saja

  • Sedangkan Reading Comprehension terdiri dari 50 soal dan dikerjakan selama 55 menit. 

Soal Structure and Written Expression, Sulitkah?

Jika anda perhatikan, Structure and written expression memiliki alokasi waktu yang paling sedikit.. Sebenarnya bukan tanpa alasan kita hanya diberikan waktu 25 menit untuk mengerjakan Structure and written expression. Part ke-2 tes ELPT ini memang merupakan part termudah sehingga alokasi waktunya pun begitu singkat. Yang saya maksud mudah disini adalah kemudahan dalam mengerjakan karena jenis soal yang sangat tipikal dan dapat dikerjakan dengan aturan grammar saja (tanpa harus membaca atau mendengarkan audio yang bisa cukup menyita waktu). Namun demikian, definisi mudah sangatlah relatif.

Dari alokasi waktu diatas, kita dapat melakukan hitung-hitungan sederhana untuk menentukan berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan satu soal Structure and written expression ELPT:

Jumlah soal: 40
Waktu pengerjaan: 25 menit
Waktu pengerjaan setiap satu soal: 40/25=1.6 menit

"Waktu pengerjaan satu soal Structure and Written Expression hanya 1.6 menit. Disini kamu juga akan di tes dalam hal seberapa bijak kamu menggunakan waktumu"

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tantangan terberat dalam mengerjakan soal Structure and written expression adalah alokasi waktu yang sangat terbatas. Sedangkan sisi positifnya adalah jenis soal yang cenderung tipikal dan mudah dikerjakan.




"Structure and written expression dianggap part yang paling mudah di ELPT sehingga alokasi waktu yang diberikan pun sangat sedikit. Tantangan terberat mengerjakan part ini adalah waktu"


Strategi Pengerjaan Structure and Written Expression ELPT


Sulit memang, namun bukan berarti tak mungkin untuk dikerjakan. Satu strategi yang harus anda terapkan adalah mengkategorikan setiap soal yang muncul ke dalam sub-bab tertentu materi grammar serta membuat ringkasan materi grammar yang muncul karena pada dasarnya, soal structure and written expression ELPT sangatlah tipikal. Mari kita terapkan strategi ini pada contoh-contoh soal berikut:


1. The sun __________ from the east

a. It rises
b. is rising
c. which is rising
d. rises

Soal Subject-Verb

Dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris, minimal harus ada sebuah Subject dan sebuah Verb, sehingga bila sebuah kalimat tidak memiliki Verb atau Subject, bisa dipastikan bahwa kalimat tersebut belum lah benar dari sisi grammar.  Pada contoh soal pertama diatas, kalimat tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:


The sun (S)__________(V) from the east (PP)




Jika diperhatikan, kalimat tersebut belum memiliki Verb sehingga kita butuh Verb sebagai jawaban soal nomor 1. Kita bisa mengeliminasi dua jawaban yang pasti salah yakni opsi jawaban:


a. "It rise", karena ada double Subject (The sun dan It), sementara tidak boleh ada double Subject dan double Verb dalam kalimat Bahasa Inggris, dan





c. "which is rising", karena kalimat tersebut hanya memiliki satu Verb sehingga seharusnya hanya ada satu klausa. Karena hanya ada satu klausa, maka relative pronoun "which" juga tidak perlu.





Sekarang kita hanya memiliki dua opsi yakni b. is rising atau d. rises. Dua opsi ini sama-sama Verb sehingga berpotensi menjadi jawaban yang benar. Namun demikian, perlu dicatat bahwa di kalimat tersebut kita sedang membicarakan sebuah fakta umum (general fact/general truth, sesuatu yang selalu terjadi demikian atau selalu terjadi berulang-ulang), sehingga seharusnya kita memakai simple present tense, bukan present continuous tense. Opsi b. is rising bisa di eliminasi dan sekarang kita sudah memiliki jawaban yang benar, yaitu d. rises ✔


"Kita bisa mulai mengerjakan setiap soal structure and written structure dengan mengeliminasi dua jawaban yang pasti salah"


2. Ted, ___________ of the most brilliant mathematicians of our generation, had a severe childhood trauma

a. as one
b. he was one
c. one
d. was one





Rule 1

Jika kita perhatikan, kalimat ini sudah memiliki sebuah Subject, yaitu "Ted". Dua koma pada kalimat ini menunjukkan bahwa soal tersebut kemungkinan besar adalah soal yang berkaitan dengan appositive, sehingga kita membutuhkan satu Subject lagi di antara dua koma. Jawaban a. as one bisa di eliminasi karena kita hanya membutuhkan Subject, bukan Preposition dan Subject. Kalimat pada soal tersebut sudah memiliki Verb "had" sehingga jawaban b. he was dan d. was one juga bisa dieliminasi, karena dalam satu kalimat Bahasa Inggris tidak boleh ada double Verb kecuali dipisah dalam klausa yang berbeda. Jawaban bagi pertanyaan ini adalah c. one , yang fungsinya adalah untuk menjelaskan one of many, satu Noun [singular] diantara sekian banyak Noun [plural] seperti pada one of my friends yang berarti satu diantara sekian banyak teman saya.


Jenis Soal Appositive


Rule 2

Selain aturan diatas, ada satu aturan lagi yang perlu kita perhatikan pada contoh ini, aturan appositive atau dua Subject yang mengacu pada satu entitas yang sama dan dipisahkan oleh koma. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjabaran susunan kalimat tersebut:


Ted (S) , one of the most brilliant mathematicians of our generation (S), had (V) a severe childhood trauma [O]






Seolah-olah ada dua Subject di klausa tersebut yakni:




Ted, had a severe childhood trauma... dan

One of the the most brilliant mathematicians of our generation  had a severe childhood trauma...







yang sebenarnya mengacu pada satu orang yang sama.



"Pada jenis kalimat appositive, ada dua Subject yang mengacu pada satu entitas yang sama dan dipisahkan oleh koma"

3. My hometown is ________a forest forest

a. each side
b. all sides are
c. surrounded
d. surrounded by



Soal Passive Voice

Ini adalah contoh soal kalimat pasif (passive voice) yang memiliki rumus:

O+to be+V3+ [by+S]


Misal:


Kalimat aktif Andy (S) steals (V) the book (O) jika dirubah ke dalam bentuk passive voice akan menjadi :



The book (O) is (to be) stolen (V3) by (by) Andy (S)






Aturan lain yang berkaitan dengan passive voice adalah penggunaan by dan juga Subject yang sifatnya optional:




a. By dan Subject dapat dihilangkan, namun harus dihilangkan dua duanya sehingga contoh diatas akan mejadi The book is stolen (tanpa by Andy)




b. Jika Subject tidak hilang maka by menjadi wajib ada




Di contoh soal sendiri, terdapat Object dan Subject:




My hometown (O) is (to be) ________a forest (S) sehingga kita harus memilih jawaban yang mengandung "by". Satu-satunya jawaban yang mengandung by adalah d. surrounded by 


4. In the past, spice is as precious _________
a. as gold
b. than gold
c. to gold
d. from gold




Soal as..Adj/Adv...as
Soal ini berkaitan dengan penggunaan "as...Adj/Adv...as" yang menunjukkan bahwa suatu hal memiliki kesamaan atau kesetaraan. Secara lebih lengkap, kalimat yang dibentuk menggunakan "as...Adj/Adv...as" akan menjadi S+to be/Verb+as...Adj/Adv...as+O dimana semua bagian dari rumus itu harus ada. Di kalimat soal diatas tertulis:

Spice (S)  ... is (to be) as precious (as...Adj/Adv...) sehingga kita butuh jawaban yang mengandung "as" dan "Object". Jawaban yang benar bagi pertanyaan ini adalah c. as gold 



5. ___________ leopard, can achieve a speed of 58 km per hour
a. The
b. one of the most dangerous predators on earth
c. The fastest animal
d. one of the most dangerous predators on earth, the




Jenis Soal Appositive
Ini adalah jenis soal yang sama dengan soal nomor 2, yang berkaitan dengan penggunaan appositive atau penggunaan dua Subject yang merujuk ke satu entitas yang sama dan dipisahkan oleh dua koma. Sudah ada satu koma di pertanyaan, sehingga bisa dipastikan kita butuh satu koma lagi. Jawaban yang benar bagi soal ini adalah d. one of the most dangerous predators on earth, the . Kalimat lengkapnya akan menjadi:

One of the most dangerous predators on earth(S), the leopard (S), can achieve (V) a speed (O) of 58 km per hour (PP)


Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan baca kembali penjelasan soal nomor 2.


6. Astronomy is a branch of science which focuses on the study of space, celestial objects and ______________ as a whole

a. analyzed stars
b. was analyzed
c. analyzing universe
d. the universe



Jenis Soal Parallel Structure



Ini adalah contoh soal parallel structure yang melibatkan conjunction "and". Seperti yang umum diketahui, and adalah conjunction dan apa yang ada sebelum dan setelahnya harus seimbang. Jika kita perhatikan, sebelum kata and terdapat Noun seperti space dan frasa benda celestial objects sehingga setelah and kita juga membutuhkan kata benda atau frasa benda. a. analyzed stars adalah Verb dan Object, sedangkan kita tidak membutuhkan Verb. Jawaban ini pasti salah. .b was analyzed adalah to be dan past participle sehingga pasti juga salah. Jawabannya antara opsi c. dan d. Jawaban c. secara gramatikal memang sudah benar, karena Gerund berfungsi layaknya sebuah Noun. Namun karena sebelum conjunction and terdapat benda dan frasa benda, akan menjadi tidak parallel jika kita menempatkan sebuah Gerund di belakang kata and. Jawaban bagi soal ini adalah d. the universe 

7. Inflation happens__________ higher than supply

a. when is demand
b. demand is
c. when demand is 
d. while demand is



Jenis Soal Multiple Clause Sentence
Pada soal ini, dapat kita saksikan bahwa kalimat tersebut sudah memiliki Verb "happens", namun semua opsi jawaban juga memiliki "Verb" sebagai berikut:

a. when is demand

b. demand is
c. when demand is
d. while demand is


Namun demikian, sebuah kalimat Bahasa Inggris tidak dapat memiliki double Verb, kecuali dipisahkan ke dalam dua klausa berbeda. Jawaban b. demand is  pasti salah karena terdapat dua Verb dan kalimat tersebut tidak dipisahkan ke dalam dua klausa, yang berarti kita membutuhkan sebuah subordinating conjunction atau relative pronoun. Jawaban a. when is demand juga salah karena "is" menjadi auxiliary, padahal kalimat tersebut merupakan kalimat pernyataan, bukan pertanyaan atau kalimat negatif. Opsi d. while demand is juga kurang tepat karena conjunction while tidak tepat digunakan dalam kalimat ini. Jawaban yang benar adalah c. when the Earth's atmosphere traps , dan kalimat lengkapnya dapat ditulis sebagai berikut:

Inflation (S) happens (V) [main clause] when demand is higher than supply [subordinate clause, dalam bentuk adverbial clause]


8. Mandarin is a languages ____________ by billions of people

a. is spoken
b. spoken
c. which spoken
d. it is spoken




Jenis Soal Adjective Clause (Reduced Form)
Ini adalah salah satu jenis soal yang sering membingungkan. Banyak orang yang mengira bahwa present participle serta past participle adalah Verb, padahal mereka berfungsi seperti adjective dan menggantikan Adjective Clause. Perhatikan contoh berikut ini:

The man (S) who walks on the street (Adj Clause) is (Verb) my father (O)


Reduksi Pada Kalimat Aktif
Kalimat ini adalah kalimat aktif dan Adj Clause "who walks on the street" dapat direduksi menggunakan present participle menjadi "walking on the street, sehingga kalimat tersebut akan berubah menjadi:

The man (S) walking on the street (Adj Clause) is (Verb) my father (O)


tanpa mengurangi atau merubah artinya sedikitpun.




Reduksi pada Kalimat Pasif
Sedangkan untuk kalimat pasif, adjective clause nya dapat direduksi menjadi past participle. Perhatikan contoh berikut ini:


The book (O) which is stolen by Andy from library (Adj Clause) is  really expensive (Verb) dan bentuk adjective clause which stolen sendiri dapat direduksi menggunakan past participle stolen sehingga kalimat tersebut akan menjadi:






The book (O) stolen by Andy from library (Adj Clause) is  really expensive (Verb)


Jawaban yang tepat bagi pertanyaan ini adalah b. spoken 



"Pada kalimat aktif, Adjective Clause dapat direduksi menggunakan present participle sedangkan pada kalimat pasif, Adjective Clause dapat direduksi menggunakan past participle"



9. People ____________in a more stressful job usually earns much more money
a. are working
b. who working
c. working
d. they are working



Jenis Soal Adjective Clause (Reduced Form)


Soal ini adalah satu contoh lain penggunaan adjective clause yang direduksi. Karena ini adalah kalimat aktif, maka reduksi yang digunakan adalah present participle. Dan bisa ditebak jawaban c. working✔ adalah jawaban yang paling tepat.

10. Not only ____________ place for recreation, they can also be a great source of inspiration for some artists

a. are parks
b. parks are
c. the parks are
d. are the parks




Soal Subject Verb Inversion
Subject-Verb inversion terjadi ketika posisi Subjek dan Predikat tidak diletakkan seperti pada struktur kalimat umum S+V+C. Hal ini biasanya terjadi karena sebuah kalimat diawali oleh negasi "not", sementara sebuah kalimat pada umumnya diawali oleh Subject. Pada contoh diatas, kalimat diawali oleh Not only sehingga satu-satunya jawaban yang benar adalah a. are parks .
Penyebab lain terjadinya Subject-Verb inversion adalah ketika kalimat diawali oleh Adverb (baik Adverb of Time maupun Adverb of Place). Perhatikan contoh berikut:

Behind the library [Adv of Place] did [Aux] I [S] leave [MV] my bike [O] last night [Adv of Time].

Demikian lah 10 contoh pertama soal Structure and Written Expression ELPT. Postingan ini akan terus di update dengan jenis pertanyaan-pertanyaan baru. Kami juga menerima request penjelasan soal-soal, silahkan sobat tulis soal yang ingin dibahas di kolom komentar, nanti penjelasannya akan ditambahkan di postingan ini.




Untuk membaca materi lengkap TOEFL dan ELPT, silahkan klik di sini




Untuk membaca update postingan mengenai Structure and Written Expression TOEFL dan ELPT, klik di sini
Cheerio ~







5 comments:

  1. They have lost all their possessions in the fire, they ______ a hard time now.
    A. May have had
    B. Must be having
    C. Ought to have
    D. Used to have

    ReplyDelete
  2. Hai Serli. Saya akan coba menjelaskan pertanyaan di atas.

    Jawaban: b

    Modal Verb digunakan untuk menjelaskan necessity dan possibility. Pada soal ini, Modal 'must' digunakan untuk menjelaskan possibility dan memiliki makna "pasti". Time marker now menandakan bahwa verb harus dalam bentuk simple present atau present continuous, sehingga jawaban d dan a pasti salah. Jawaban c juga pasti salah karena Modal ought to menjelaskan necessity/keharusan.

    Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan post a comment di bawah.

    ReplyDelete
  3. Sangat membantu untuk belajar, terima kasih👏

    ReplyDelete
  4. Bagus sekali artikelnya. Apa punya instagram kak? Saya mau sharing bentar. Terima kasih.

    ReplyDelete